Etnis Rhade. Enis yang Mirip dengan Etnis Minangkabau

Etnis Rhade (1923)
Etnis Rhade merupakan sebuah etnis di selatan Negara Vietnam. Etnis yang bepopulasi sekitar 331,194 juwa ini (sensus 2009) memiliki banyak kesamaan dengan etnis Minangkabau di Sumatra Barat. Diantaranya adalah sisitem kekerabatan etnis Rhade memakai sistem Matrilineal, dengan demikian anak yang lahir mendapat suku dari ibu.
Anak Dara etnis Rhade oleh Denise Colomb

Laki-Laki yang sudah menikah tinggal di Rumah Perempuan yang disebut dengan Rumah Panjang. Rumah panjang ini terbuat dari Kayu dan Bambu. Sebuah rumah Panjang ditempati oleh tiga hingga sembilan keluarga. 
Rumah Panjang etnis Rhade
Ornamen di Rumah Panjang
Properti Keluarga/pusaka tinggi seperti sawah, ternak, gong, bonang dan guci dipegang oleh perempuan tertua dari garis keturunan tersebut. Pelanggaran adat oleh Orang Rhade akan diberi denda dengan seekor kerbau. 
Alat musik tradisional Etnis Rhade
Kendati berada di Negara Vietnam, bahasa Etnis Rhade tidaklah termasuk kedalam rumpun bahasa Vietic, melainkan kedalam bahasa Malayo-Polynesian.
Tradisi bermain musik sambil membawakan kaba (epos). tuoitre.vn
Tradisi menenun Ernis Rhade. thocam.com
Makanan tradisional etnis Rhade (Sejenis Lemang)
Tradisi makan bajamba Etnis Rhade
Apakah etnis ini merupakan Nenek moyang orang minang atau malah sebaliknya? mengingat orang minang terkenal dengan tradisi merantaunya dan dipekuat dengan peryataan Putri Saadong yang mengungkapkan bahwa banyak orang Minangkabau yang menjadi tokoh penting di dalam kerajaan Pattani, Thailand. Wallahualam. 
Suku Rade atau Rhade, adalah suatu kelompok masyarakat yang hidup di dataran tinggi Kamboja. Suku Rade, merupakan penduduk minoritas yang tergabung dalam kelompok Khmer Loeu di Kamboja. Kelompok Khmer Loeu adalah sebutan oleh pemerintah Kamboja, yang mengacu kepada kelompok masyarakat non Khmer. Populasi suku Rade di Kamboja diperkirakan sebesar 2.800 orang.

Bahasa Rade adalah suatu bahasa yang merupakan bagian dari rumpun bahasa Austronesia. Bahasa Rade berbeda dengan bahasa suku-suku lain di Kamboja yang rata-rata cabang bahasa Mon-Khmer, sedangkan bahasa Rade terkait hubungan bahasa dengan bahasa-bahasa di kepulauan Asia Tenggara, seperti bahasa Malaysia, Formosa, Indonesia dan daerah kepulauan Polynesia. Suku Rade di Kamboja memiliki kerabat di Vietnam yang dikenal dengan nama suku E de. Suku Rade juga memiliki sebutan lain tergantung di mana mereka berada, yaitu sebagai Raday, Rade, E de dan Montagnards.

Masyarakat suku Rade pada dasarnya masih menganut agama ethnic yang mengandung unsur animisme. Agama ethnic suku Rade berakar dalam identitas etnis bangsa dan konversi pada dasarnya setara dengan asimilasi budaya. Akhir-akhir ini sebagian dari masyarakat Rade mulai mengenal agama Kristen, tapi mereka belum memiliki gereja aktif dalam kalangan mereka.