Tingkatkan Kemandirian Daerah, Bupati Minta Kinerja PAD Ditingkatkan

BIJAK ONLINE (PAINAN)-Guna memacu kemandirian daerah, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) meminta kinerja Pendapatan Asli Daerah (PAD) ditingkatkan.
Bupati Hendrajoni mengungkapkan peningkatan itu sangat dimungkinkan, mengingat masig banyaknya potensi pendapatan yang tergarap. 
“Apalagi, trend kinerja daerah dalam rentang waktu dua tahun terakhir menunjukan trend membaik,” ungkap bupati di Painan, Jumat (13/4).
Sepanjang 2017, target PAD mencapai Rp190 miliar. Sedangkan untuk tahun anggaran 2018, target PAD dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018 tercatat Rp125 miliar.
Untuk mencapai realisasi tersebut, lanjut bupati, ia meminta instansi terkait untuk mampu meningkatkan kinerja bidang pendapatan.
Menurut bupati, salah satu upaya yang harus ditingkatkan yakni ekstensifikasi dan intensifikasi penerimaan PAD dari sisi pajak dan retribusi.
Untuk intensifikasi, melakukan sosialisasi pada wajib pajak dan masyarakat. Meningkatkan pelayanan serta ketrampilan petugas.
Sementara untuk ekstensifikasi dengan cara pendataan dan penjaringan wajib pajak baru. Sebab, masih banyak wajib pajak yang belum terdata.
Leading sektor harus mampu mencari potensi baru, dengan pengelolaannya yang baik. Kemudian, meminimalisir kebocoran dalam pemungutan.
“Tentu dalam melakukan pemungutan harus berpedoman pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” sebut bupati.
Selain itu, bupati menambahkan, harus ada kajian potensi pajak baru dengan bekerjasana dengan pihak ketiga. (teddy setiawan)