Memastikan UNBK Berjalan Tertib, Bupati Berkunjung ke SMAN 1 Harau

BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)—Untuk memastikan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 berjalan tertib dan lancar, Bupati Limapuluh Kota, H. Irfendi Arbi meninjau langsung sejumlah sekolah tingkat SMA di Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (9/4). Diantara sekolah yang dikunjungi bupati saat itu adalah SMA 1 Harau. 
Saat kunjungannya tersebut, Bupati disambut langsung oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Indrawati Munir, Kepala Sekolah SMA N 1 Harau, Afrizal beserta majelis guru. Selanjutnya Bupati langsung memantau para pelajar di SMA N 1 Harau yang melakukan UNBK dari luar kelas.
Usai melihat pelaksanaan UNBK dibeberapa ruangan, Bupati mengatakan kedatangannya ke SMAN 1 Harau ini adalah memantau langsung pelaksanaan UNBK dan untuk bersilaturahmi dengan majelis guru dan pengurus sekolah SMA N 1 Harau.
“Tinjauan saya ini untuk memastikan UNBK tingkat SMA berjalan tertib dan lancar diharapkan pelaksanaan UNBK di SMA N 1 Harau dan SMA lainnya di Kabupaten Limapuluh Kota berjalan dengan aman dan lancar. Serta hasil yang didapatkan maksimal dan memuaskan nantinya,” ujarnya.
Selain itu, Bupati juga memerintahkan dinas terkait dan setiap Sekolah di Kabupaten Limapuluh Kota yang mengikuti UNBK untuk memastikan ketersediaan sarana dan prasarana berupa komputer, jaringan internet dan listrik  selalu tersedia, sebab pelaksanaan UNBK ini sangat bergantung dengan hal tersebut.
“Sarana ujian berupa komputer, Internet dan listrik selama ujian Jadi pada saat ujian berlangsung harus dipastikan tersedia sebab ujian ini sangat membutuhkan hal tersebut,”tegasnya.
Bupati juga berharap dari kegiatan UNBK ini bisa meningkatkan kualitas hasil ujian, sebab dari UNBK akan dapat menilai integritas dan kejujuran siswa dalam mengerjakan soal–soal.
“Semakin banyaknya sekolah yang melaksankan UNBK itu artinya jaminan integritasnya semakin tinggi,karena dengan sistem komputer ini dipastikan setiap orang itu hanya mengerjakan soal yang ada dihadapannya, sehingga bisa dipastikan tidak ada kekurangan selama ujian,”pungkasnya.
Sementara itu, laporkan kepala sekolah SMA N 1 Harau, Afrizal mengatakan pelaksanaan UNBK tahun ini SMA N 1 Harau memakai empat ruang ujian, dengan jumlah peserta sebanyak 320 orang pelajar yang mengikuti UNBK dengan bidang studi IPA dan IPS.
“Alhamdulillah, hari pertama pelaksanaan UNBK di SMA N 1 Harau berjalan dengan  lancar. Mudah-mudahan para peserta ujian dapat mengikuti seluruh proses ujian dengan baik sesuai dengan arahan serta mendapatkan nilai yang memuaskan nantinya,”jelas Bupati. (ada)