Satgas TMMD ke-101 Berikan Ilmu Beladiri Yongmoodo Kepada Pelajar di Sijunjung

BIJAK ONLINE (Sijunjung)—Anggota Kodim 0310/SS dan Yonif 131/Braja Sakti yang tergabung di dalam Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-101 Kodim 0310/SS memberikan latihan intensif bela diri yongmoodo kepada siswa siswi SMA Kabupaten Sijunjung di Aula Makodim 0310/SS(10/4/18).
Rencananya para pelajar tersebut akan menampilkan peragaan bela diri yongmoodo tersebut saat pelaksanaan upacara penutupan kegiatan TMMD ke 101 Kodim 0310/SS di  Nagari Sibakur Kecamatan Tanjung gadang Kabupaten Sijunjung Mei mendatang.
Para pelajar dilatih oleh anggota satgas yang telah memiliki kualifikasi sabuk hitam Dan I,  beladiri asal negeri gingseng ini terbilang masih baru khususnya bagi kalangan pelajar.
Danki Satgas TMMD Kapten Inf M.Y.Lubis mengungkapkan, bahwa pelatihan intensif beladiri yong moodo kepada para pelajar SMA Kabupaten Sijunjung  ini kita siapkan untuk peragaan saat upacara penutupan kegaiatan TMMD Mei mendatang. Maka pihaknya meminta kepada para pelajar untuk serius dan semangat mengikuti arahan-arahan dari pelatih sehingga pada saat ditampilkan nanti dapat berjaalan lancar.
“Pelatihan beladiri ini kita siapkan untuk ditampilkan saat penutupan TMMD, maka saya harap para pelajar semangat berlatih sehingga dalam peragaan dapat berjalan lancar,” ungkap M.Y.Lubis.
Selain mempersiapkan untuk peragaan beladiri oleh pelajar, pelatihan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan yongmoodo yang merupakan beladiri wajib bagi prajurit TNI AD.
Pelatihan beladiri bertujuan untuk membentuk karakter dan mental para siswa dan siswi agar memiliki kedisiplinan, kejujuran, semangat juang yang tinggi, sikap pantang menyerah, dan pengendalian diri yang baik sehingga dapat mencegah kenakalan remaja yang cenderung ke arah negatif dan sebagai bentuk pembinaan teritorial wilayah dalam membangun kemanunggalan TNI dan rakyat.
Bela diri Yongmodo ini merupakan gabungan beberapa jenis beladiri seperti taekwondo, aikido, judo, karate dan sejumlah bela diri tradisional korea yang mengandalkan ketepatan, kecepatan, dan kekuatan dalam pertarungan jarak dekat. (relis)