Kerjasama Politeknik Negeri Padang-Kemenristekdikti Adakan Workshop Kewirausahaan Teknologi

BIJAK ONLINE (Padang)—Lebih ratusan mahasiswa yang beraktivitas wirausaha berbasis teknologi dan hasil pendidikan mengikuti Workshop Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia 2018. Mereka mendapat pengetahuan baru tentang kewirausahaan di kampus Politeknik Negeri Padang dengan hadirnya himpunan pengusaha muda Indonesia (Hipmi). 
Workshop kewirausahaan yang berlangsung, Sabtu (31/3) tercatat sebagai agenda kegiatan Kementerian Ristek Dikti bekerjasama dengan PNP. Para wirausahawan muda itu sehari penuh mendapat informasi baru tentang wirausaha terkini dari nara sumber, Prof. Hanny Wijaya dan Dr. Tipri Rose Kartika
.
“Workshop ini sangat strategis, tidak hanya bagi mahasiswa Politeknik Negeri Padang tetapi bagi mahasiswa perguruan tinggi di Sumbar, Sumut dan Riau,” ujar, Direktur PNP, Surfa Yondri.
Kendati PNP jauh dari pusat Kota Padang, tak dapat disangkal, workshop begitu antusias diikuti seratusan mahasiswa. Dalam Workshop itu, selain sambutan Direktur PNP, juga memberikan sambutan Kasubdit Kesejahteraan dan Kewirausahaan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Ismet Yus Putra.
Ratusan mahasiwa yang hadir mendengarkan pidato yang penuh motivasi dari Ismet Yus Putra, yang juga urang awak itu.
Menurutnya, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM rasio jumlah wirausaha dibandingkan jumlah penduduk sudah 3,1 persen pada tahun ini. Walau sudah meningkat, perlu dilihat seberapa besar kontribusinya pada pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Indonesia. Angka tersebut menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2018 tercatat jumlah wirausaha hanya sebanyak 1,5% jumlah penduduk. 
Lebih lanjut ditegaskannya bahwa Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mendorong wirausaha berbasis teknologi dan pendidikan yang selama ini menjadi tugas dari Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) melalui melalui program-program kewirausahaan yang salah satunya menggelar Workshop Kewirausahaan di PNP.
“Tugas perguruan tinggi selain mengelola bidang pendidikan tinggi, namun juga berperan menumbuhkan perekonomian dan menambah nilai kemasyarakatan. Semoga Workshop yang merupakan kerjasamanya ini bermanfaat, ujar Ismet Yus Putra.
Sementara itu, sebagai tuan rumah, Direktur PNP, Surfa Yondri menyampaikan, PNP aktif dan konsisten dalam pengembangan dan peningkatan ilmu dan keterampilan kewirausahaan mahasiswa. “Workshop ini sangat positif membangun jiwa dan keterampilan kewirausahaan mahasiswa dan generasi muda. Kami harap hasil dari kegiatan ini dapat mendukung pemerintah membangun perekonomian nasional, dengan terbukanya banyak lapangan kerja baru dan mengurangi secara signifikan jumlah pengangguran,” ujarnya.
Kemudian pada acara ini juga dilakukan penandatangan MOU antara PNP dengan Ketua Hipmi, Muhammad Iqra Cissaa, SST, disaksikan Kasubdit Kesejahteraan dan Kewirausahaan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Ismet Yus Putra dan para nara sumber, Prof. Hanny Wijaya dan Dr. Tipri Rose Kartika. (Agusmardi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *