DLH Payakumbuh Ajak Masyarakat Untuk Melakukan Kegiatan Kebersihan

BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)—Kendati terpaut 3 bulan lagi, tepatnya 21 April mendatang, namun Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Payakumbuh, telah memulai langkah persiapan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dan Hari Bumi (HB) dengan mengadakan Gerakan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS), Jum’at (23/2).
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Payakumbuh Jhon Kennedi didampingi Kabid Pengawasan Hepi kepada wartawan diruang kerjanya, Jum’at (23/2), mengatakan sebagaimana kita ketahui HPSN diperingati setiap tanggal 21 Februari, sementara HB jatuh pada tanggal 21 April. 
Jika dilihat dua momentum ini yakni HPSN dan HB bisa dikawinkan, kenapa tidak kita ciptakan sebuah gerakan mengajak masyarakat untuk peduli dengan kebersihan yang menjadi pengikat atau mas kawin dari HPSN dan HB ini sangat rukun sekali.
Dikatakan, ada banyak program kegiatan yang dilaksanakan pada gerakan TBBS di kota Payakumbuh ini, yaitu sosialisasi, kegiatan kebersihan sarana publik dan pemerintahan serta gerakan masyarakat membangun kebersihan kota. Untuk kegiatan sosialisasi, pihaknya sudah membuat Surat Edaran Walikota Payakumbuh terkait gerakan TBBS yang isinya mengajak masyarakat untuk melakukan kegiatan kebersihan.
“Kita sudah buat edaran Walikota tentang TBBS dan sudah kita sebarluaskan melalui media serta sosialisasi langsung ke sekolah sekolah dan pusat perkumpulan warga di Kota Payakumbuh”, terang Jhon Kennedi yang akrab disapa JK.
Ditambahkan, untuk kegiatan kebersihan sarana publik dan pemerintahan diimplementasikan dengan melaksanakan gotong royong diberbagai lokasi.
“Bekerjasama dengan masyarakat dan aparat TNI-Polri, kita sejauh ini sudah menggelar Goro bersama diberbagai tempat, seperti di Kelurahan Kotobaru Payobasung, Bulakan Balai Kandi, GOR Kubu Gadang, SMPN 4 Payakumbuh dan banyak lagi tempat yang akan kita Goro kan selama tiga bulan kedepan,”jelasnya.
Sementara untuk gerakan masyarakat membangun kebersihan kota, pihaknya telah menggelar berbagai aksi seperti door to door mengenai pengelolaan sampah, pembuatan biopori dan pengomposan melalui Satgas Kebersihan kota Payakumbuh.
“Selama tiga bulan kedepan, kami akan gencarkan kegiatan TBBS ini diseluruh kawasan kota Payakumbuh, diharapkan pada peringatan hari bumi tanggal 21 April mendatang kita mendapati bumi kota Payakumbuh betul-betul bersih dan asri,” ulas JK. (ada)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *