Peringati Peristiwa Situjuah Diramaikan dengan Turnamen Catur

BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)—Bupati Lima Puluh Kota H. Irfendi Arbi membuka secara resmi Turnamen Catur Irfendi Arbi Cup I tahun 2018 yang diselenggarakan di kenagarian Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Senin (1/1).
Dalam acara tersebut turut hadir, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan, Indrawati Munir, Camat Situjuah Limo Nagari, Syaiful, Walinagari Situjuah Batua, Ketua Bamus, Kepala Jorong, Niniak mamak, Cadiak Pandai, Tokoh Masyarakat dan para tamu undangan lainnya. 
Laporan panitia, Don Vesky Nasir Dt Tan Marajo mengatakan pelaksaan turnamen catur, Irfendi Arbi Cup ini, merupakan kegiatan turnamen catur yang baru pertama kali dilaksanakan di kabupaten Lima Puluh Kota.
Dia mengatakan, tujuan dilaksanakannya turnamen catur ini selain untuk memperingati peristiwa Situjuah yang ke-69, juga sebagai sarana pembinaan generasi muda dan sebagai wadah silaturahmi antar pemain catur yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota. 
“Turnamen catur Irfendi Arbi Cup ini diselenggarakan untuk memperingati peristiwa Situjuah yang ke-69 dan rencananya akan diselenggarakan mulai tanggal 1-14 Januari 2018 dan akan diikuti para pecatur se-Kabupaten Lima Puluh Kota,”ujar Don Vesky Nasir Dt Tan Marajo. 
Sementara itu, Bupati Irfendi Arbi, catur adalah salah satu cabang olahraga permainan yang sangat merakyat dan populer di semua kalangan, karena olahraga catur ini tidak memerlukan sarana yang mahal dan tidak rumit. 
“Masalahnya tinggal bagaimana potensi yang sudah ada di masyarakat kita agar dapat didorong untuk tumbuh dan berkembang, tidak hanya sekadar sebagai hobi perseorangan, tetapi menjadi olahraga catur ini akan target peningkatan prestasi dalam bidang olahraga daerah kita,” ujarnya.
Lebih lanjut bupati mengatakan, catur juga merupakan olahraga yang tidak menggerakan fisik secara berlebihan, akan tetapi olahraga yang dapat mengasah otak dan meningkatkan IQ atau intelektual pemikiran seseorang, meningkatkan spiritual serta dapat melatih kesabaran terhadap seseorang, dan masih banyak hal positif lainnya yang diperoleh dari olahraga catur.
“Disini tidak hanya bertanding, turnemen catur ini juga bisa menjadi wadah untuk kita menjalin tali silaturahmi, saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya, ini merupakan kegiatan yang sangat positif,” sambungnya. 
Di akhir sambutannya Irfendi berpesan kepada seluruh peserta yang mengikuti turnamen tersebut agar tetap menjunjung tinggi sportivitas dan tetap semangat. Dia mengatakan bahwa Pemkab Lima Puluh Kota akan terus mendukung penuh kegiatan olahraga termasuk olahraga kejuaraan turnamen catur pada tahun 2018 ini. (ada)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *