Catatan Aditya Denura : Satu Langkah Dalam Berinovasi

BERBICARA soal inovasi, nyaris seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kabupaten Lima Puluh Kota telah lahirkan inovasi baru yang dimulai oleh Humas dan Pemberian Setdakab Lima Puluh Kota dengan judul “Colek Limapuluh Koto Oke”.
Kemudian, menyusul angkutan perintis gratis oleh dinas Perhubungam, Klinik Keuangan oleh Camat Harua Diki Yusman, dan banyak lagi, terakhir pantauan tabloidbijak.com  inovasi desa. Meskipun demikian Bupati kabupaten Lima Puluh Kota H. Irfendi Arbi meminta kepada seluruh jajarannya agar terus berinovasi.
Inovasi adalah sebuah proses pembaruan dalam unsur kebudayaan masyarakat yakni teknologi. Inovasi berarti penemuan baru dalam teknologi manusia. Dalam pengertian yang lain, inovasi juga dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk memperkenalkan hal-hal baru atau temuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya. 
Orang yang melakukan inovasi disebut inovator. Sesuatu hal yang inovatif haruslah bermanfaat bagi sang inovator atau orang lain. Umumnya, inovasi dibedakan atas inovasi yang terjadi karena sengaja (invention) dan inovasi yang terjadi tanpa disengaja (discovery). 
Invention adalah proses munculnya suatu hal baru dari kombinasi hal-hal lama yang telah ada. Sedangkan, discovery adalah penemuan hal baru, baik berupa alat ataupun gagasan. Discovery dapat menjadi invention jika masyarakat sudah  mengakui, menerima, dan memanfaatkan hasil inovasi tersebut.
Banyak pengertian inovasi muncul dipermukaan, baik inovasi menurut para ahli, pakar dan sebagainya. Kini muncul pula menyebutkan inovasi adalah ciptaan-ciptaan baru (dalam bentuk materi ataupun intangible) yang memiliki nilai ekonomi yang berarti (signifikan), yang umumnya dilakukan oleh perusahaan atau kadang-kadang oleh para individu.
Inovasi mempunyai arti lebih luas daripada penemuan-penemuan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inovasi adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal baru, pembaharuan, penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya.
Dari pengertian inovasi tersebut dapat disimpulkan bahwa inovasi adalah proses kreatif dalam melakukan penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada. Sedangkan kemampuan inovatif seorang wirausaha merupakan proses mengubah peluang menjadi suatu gagasan dan ide-ide yang dapat dijual.
Nah, pada tahun 2018 ini, para ASN di kabupaten Lima Puluh Kota diharapkan bupati Irfendi Arbi berpacu untuk membuat terobosan baru, dalam pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat di daerah ini. 
Kepada ASN di tuntut untuk lebih kreatif, inovasi dan bekerja keras dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Selain bekerja inovatif, para pegawai tersebut juga diharapkan mampu menangkap persoalan yang timbul di tengah masyarakat serta memberikan solusinya.
Semua ASN bisa meningkatkan kreativitas dan inovasinya. Agar para staf tertarik untuk berinovasi dan memberikan kontribusi bagi organisasi, pimpinan OPD harus memberikan kesempatan kepada staf itu untuk menyampaikan ide atau gagasan baru. Artinya, mari satu langkah dalam berinovasi.
Tujuan inovasi yaitu untuk meningkatkan kualitas terhadap produk atau pelayanan yang sudah ada sebelumnya, sehingga bisa di dapatkan keunggulan dan mamfaat yang lebih baik lagi. Selamat kepada bupati Irfendi Arbi yang telah berhasil menciptakan beragam inovasi, dengan harapan semoga Lima Puluh Kota menjadi kabupaten penuh inovasi.