Yan Hiksas Dukung Wacana Munaslub Partai Golkar

BIJAK ONLINE (Padang)-Koordinator Wilayah Partai Golkar Sumatera Barat, Yan Hiksas Datuak Tanali mendukung wacana Munas Luar Biasa (Munaslub) partai berlambang pohon beringin tersebut. 

“Munaslub itu sangat sesuai dengan aspirasi rakyat yang berkembang di tingkat akar rumput,” kata YAn Hiksas , Rabu 29 November 2017  melalui sambungan telepon. 
Menurut Yan Hiksas, Munaslub adalah solusi atas segala dinamika yang berkembang di tubuh Partai Golkar belakangan ini.  “Partai mendengarkan aspirasi masyarakat yang berkembang dan kita sebagai pengurus berkewajiban menyampaikan aspirasi tersebut. Karena itu pula kami mendukung Munaslub,” alumni Thawalib Padang Panjang ini.
Kini, kata YAn Hiksas,  dinamika yang berkembang beberapa pekan terakhir perlu disakpi secara serius, mengingat Pemilu Legislatif (Pileg) semakin dekat. Untuk itu perlu solusi cerdas agar elektabilitas Golkar tidak tergerus karena isu tersebut sangat tidak disukai publik. “Kami menganggap Munaslub adalah solusi dan merupakan keinginan public yang harus segera disikapi, sebab isu yang menerpa Golkar snagat kontraproduktif,” tegas putra Nagari Sulit Air Kabupaten Solokini.  
Terkait dengan Munaslub, sambung Yan Hiksas, Golkar Sumbar juga mencermati dinamika siapa yang akan menjadi pengendali tertinggi di tubuh Golkar tersebut. Untuk itu pula dia mendukung Airlangga Hartanto sebagai ketua umum untuk menggantikan Setya Novanto. “Aspirasi akar rumput sepertinya mengarah ke Pak Airlangga. Dan kami pun mendukung Pak Airlangga menjadi ketua umum partai Golkar,” kata pengusaha ini.
Yan Hiksas memaparkan sejumlah alasan kenapa dia mendukung Airlangga Hartanto sebagai ketua umum. Ia menyebut bahwa Menteri Perindustrian itu  punya kemampuan dalam mengelola partai sebesar Golkar
Selain itu, sambung Yan Hiksas, Airlangga Hartanto dinilai mampu meredam perpecahan yang akan timbul pasca nanti.
“Pak Airlangga juga disukai oleh sejumlah faksi yang ada di Golkar. Hal ini tentu akan mampu membuat Golkar bersatu pasca Munaslub nanti, perpecahan akan terhindari,”jelas Yan Hiksas.
Kemudian, lanjut dia, Airlangga Hartanto merupakan masih muda, dengan terpilihnya Airlangga Hartanto nanti berarti regenerasi kepemimpinan di tubuh partai Golkar berjaln maksimal. “Kami kira Pak Airlangga merupakan jawaban atas segala dinamika yang terjadi di Golkar saat ini. Dan beliau akan diterima oleh semua kalangan,”demikian penjelasan Yan Hiksas. (JEF)