DPK Kota Payakumbuh Ukir Prestasi Nasional

Kepala Dinas Perpustakaan dan
Kearsipan kota Payakumbuh Ir.Zulinda Kamal terima Penganugerahan ANRI Award LKD
Terbaik Nasional Tahun 2017di Hotel Mercure Ancol Jakarta, Jumat, 17 Agustus
2017. 
BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)—-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (dpk) Kota Payakumbuh ukir prestasi nasional 2017, menyusul tampilnya dinas ini sebagai juara harapan I dan II lomba kearsipan daerah (LKD) dua tahun bertuut turut. Lomba yang diselenggarakan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) itu melibatkan seluruh lembaga kearsipan daerah seluruh Indonesia yang penghargaannya diserahkan pada malam ANRI Award bertempat di Hotel Mercure Ancol Jakarta Agustus lalu.
Kepala DPK Kota Payakumbuh Ir. Zulinda Kamal didampingi kepala bidang kearsipan Drs. Afrimars.MM kepada tabloidbijak.com, mengatakan, tujuan lomba kearsipan daerah itu merupakan langkah ANRI untuk memacu daerah membenahi arsipnya, ratusan arsip tercipta tiap harinya perlu diselamatkan agar arsip itu bisa berbicara sebagai pengetahuan generasi berikutnya sekaligus pertanggung jawaban pekerjaan sipencipta arsip itu sendiri.
Piagam
Penghargaan juara Harapan III Lomba LKD Nasional  .
Payakumbuh
satu satunya perwakilan Sumatera yang berhasil masuk nominator 6 LKD Terbaik
Nasional.
Keberhasilan bidang kearsipan kota Payakumbuh tingkat nasional antara lain didukung adanya Perda No. 08  thn 2015 tentang Penyelenggaraan Kearsipan di Lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh disamping kegiatan penelahahan , pembenahan, pemilahan, dan penyelamatan arsip daerah yang menambah poin penilaian LKD kota Payakumbuh. Diakui yang namanya lomba sudah barang tentu berpacu dan ternyata daerah lainpun terus berbenah diri sehinga tahun 2017 ini Payakumbuh harus menerima peringkat harapan dua nasional. 
“Sampai saat ini DPK kota Payakumbuh bersama perangkat daerah lainnya, sudah membenahi 20 urusan arsip perangkat daerah yang ditandai dengan penyampaian dan penetapan Jadwal Retansi Arsipnya (JRA) di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) beberapa waktu lalu, “ujar Zulinda Kamal.
Sementara itu, kepala bidang Kearsipan Drs. Afrimars.MM menambahkan, pemahaman aparatur sipil negara (ASN) terhadap arsip perlu ditingkatkan, agar pengelolaan arsip tiap parangkat daerah (PD)  itu bisa berjalan sesuai dengan standar kearsipan nasional. Justru itu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh terus berupaya bagai mana persepsi ASN terhadap arsip itu berubah dan diharapkan bisa memahami pentingnya arsip sebagai sebuah catatan perjalanan pemerintahan kota Payakumbuh yang terekam melalui arsip yang diciptakan pencipta arsip itu sendiri.
“Pemahaman ASN maupun masyarakat terhadap keberadaan arsip perlu ditingkatkan, sebab baik atau tidaknya penyelenggaraan pemerintahan dapat dilihat dari bagai mana mereka mengelola dan memeperlakukan arsip, “ ujarnya dalam kesempatan itu. (ada)