Kadis DPMPTP Padang Pariaman Berhasil Himpun Pendapatan Asli Daerah Rp 445.777.665

TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)— Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Padang Pariaman, telah berhasil himpun Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun 2017 sebanyak Rp.  445.777.665 rupiah atau 90% dari Rp. 500 juta yang ditargetkan.
Hal itu disampaikan Kadis PMPTP Hendra Aswara disela-sela melayani masyarakat di Ruang Pelayanan, Pariaman, Rabu (27/9/2017).
Dikatakan, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ditetapkan Pemerintah Daerah bersama DPRD terhadap Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP)  hampir tercapai 100% per 26 September 2017. 
Adapun target Retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tahun 2017 sebesar 500 juta, telah terealisasi sebanyak 445.777.665 rupiah atau 90% .
Hendra membenarkan bahwa tercapai target PAD lebih cepat tiga bulan dari tahun anggaran karena adanya berbagai inovasi yang dilahirkan sejak ia memegang jabatan kepala dinas dalam 8 bulan terakhir. 
Kiat-kiatnya antara lain Pertama, memberlakukan sistim online untuk seluruh perizinan. Kedua, Setoran melalui Bank-bank terdekat, jadi tidak ada lagi transaksi tunai di DPMPTP. 
Ketiga, Menerapkan Pelayanan Perizinan Sehati Jadi Gratis, untuk memacu pelaku usaha dalam pengurusan SIUP, TDP dan IUJK. Keempat, bagi Developer, pengurusan IMB induk satu jam selesai. Kelima, Pelayanan jemput bola terhadap investor. Keenam, membuka layanan pengaduan masyarakat terhadap pelayanan perizinan untuk menghindari Pungli. 
Sementara Kabid Perizinan dan Non Perizinan Heri Sugianto mengatakan bahwa inovasi pelayanan perizinan terus dilakukan agar lebih cepat, transparan dan akuntabel. 
“Kita senang memiliki Kepala Dinas yang muda, energik dan inovatif yang memacu kami bekerja yang terbaik bagi masyarakat” ujar Heri. 
Untuk tiga bulan ke depan, kata Heri, target PAD bisa ditambah sebesar 100 juta lagi, jadi perkiraan hingga akhir tahun retribusi IMB bisa mencapai 600 juta. 
“Potensi penambahan PAD ini sudah kami sampaikan kepada Tim TAPD. Kita juga mohon dukungan Camat, Wali Nagari dan seluruh masyarakat” kata Pria murah senyum itu. (rel/amir)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *