Angkat Budaya Kuliner Nusantara, Walikota: Mari Sukseskan Padang KulineRun 2017

BIJAK ONLINE (PADANG)-Kota Padang, Sumatera Barat memiliki agenda baru untuk menarik wisatawan. Kali ini melalui “Padang Kulinerun 2017”. Event yang memadukan olahraga lari, kuliner dan pariwisata ini bakal dihadiri oleh 1500 peserta lari, para exhibitor kuliner dan pengunjung lokal yang siap membanjiri lokasi helat pada Minggu (24/9/2017) mulai pukul 05.30-selesai.
Tidak hanya melintasi pantai-pantai indah dan berbagai ikon di kota Padang, para peserta nantinya juga diajak menikmati kuliner khas Padang yang begitu menggoda dan rasanya sudah mendunia tersebut.
Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengaku sangat menyambut kegiatan Padang Kulinerun 2017. Ia pun juga telah meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkup kerjanya untuk menyukseskan event besar bagi Kota Padang itu. Terlebih kepada seluruh elemen masyarakat juga diharapkan untuk ikut memeriahkan dan mengambil positif kegiatan ini.
“Semoga melalui Padang KulineRun 2017 akan mengangkat budaya kuliner nusantara Kota Padang,” imbuh Walikota sewaktu menjamu petinggi Hotel Grand Inna Padang yakni General Manager Mazri Tanjung, Food & Beverage Manager (FBM) Andy Az, Human Capital Manager Osman Idayat dan Room Division Manager Yusbandri di kediaman resmi rumah dinasnya, Selasa (19/9/2017) lalu.
Walikota menambahkan, ia pun menginginkan panitia penyelenggara bisa menghadirkan acara yang execelent nantinya. Dimana banyak bentuk acara yang diadakan dalam kegiatan itu.
“Mari kita sukseskan Padang Kulinerun 2017 demi kemajuan Kota Padang hingga masa-masa yang akan datang,” imbaunya.
Seperti diketahui, Padang Kulinerun 2017 merupakan kegiatan yang diinisiasi PT Hotel Indonesia Natour (HIN) melalui Hotel Grand Inna Padang dan PT Semen Padang yang juga disupport BUMN lainnya diantaranya PT. Pegadaian, Bank BTN, Garuda Indonesia, PT. Telkom, ITDC, Patrajasa, Pemprov Sumbar dan Pemko Padang.
Tujuan utamanya untuk memperkenalkan berbagai keindahan kota Padang sebagai destinasi wisata sekaligus mengangkat wisata kuliner khas Minang yang telah dikenal seluruh pelosok nusantara bahkan dunia.
General Manager Hotel Grand Inna Padang Mazri Tanjung mengatakan, kegiatan ini diketahui juga sebagai gong awal dalam rangka menyambut Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day) yang jatuh pada 26 September. Sebanyak 1.500 peserta diperkirakan ambil bagian di ajang yang akan mempertandingkan lomba dengan jarak 2,5K/5K dan 10K serta Family Run dengan hadiah total Rp 35 juta serta berbagai hadiah menarik lainnya.
Para peserta nantinya akan diajak berlari sambil melintasi berbagai destinasi. Mulai adari kawasan pantai, yaitu Pantai Padang, Pantai Muaro Lasak, Pantai Tugu Perdamaian, Museum Adityawarman, kawasan Pondok dan Tugu Nol Kilometer Padang (depan hotel Grand Inna Padang).
Seusai lomba, para peserta akan dapat menikmati berbagai sajian kuliner khas Minang yang dihadirkan dari kalangan industri, UMKM dan tidak ketinggalan Hotel Grand Inna Padang. Sebagai lokasi penyelenggaraan, Hotel Grand Inna Padang menyiapkan berbagai sajian khusus. Mulai dari lontong gulai khas Padang, bubur kampiun, lamang tapai dan sebagainya.
“Padang Kulinerun 2017 ini tidak terlepas dari komitmen PT Hotel Indonesia Natour (Persero) bersama BUMN pendukung yang lain, bahwa ‘BUMN Hadir Untuk Negeri’, dalam hal ini mendukung pengembangan industri kepariwisataan nasional,” pungkasnya.
Adapun kegiatan ini direncanakan bakal dibuka Menteri BUMN RI Rini Soemarno bersama Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Dirut PT Hotel Indonesia Natour (Persero) Iswandi Said dan pimpinan BUMN lainnya.(David)