Hasil Penilaian Provinsi, 4 Sekolah di Payakumbuh Maju Tingkat Provinsi

BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)—Setelah melalui seleksi yang cukup ketat di tingkat kota Payakumbuh, akhirnya 4  sekolah maju ke tingkat Provinsi Sumatera Barat dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) tahun 2017. 
Keempat sekolah itu adalah TK Pembina Koto Panjang Payobasung Kecamatan Payakumbuh Timur, SDN 49 Payakumbuh Balai Panjang Payakumbuh Selatan, SMPN 2 Payakumbuh dan SMAN 3 Payakumbuh.
Tim Penilai LSS tingkat Propinsi Sumbar dipimpim Bulhanifah (Biro Bina Mental Setdaprov), mengatakan, dengan delapan orang anggotanya masing-masing Wiwi Febriani, Sri Haryani, kedua dari Dinas Kesehatan, 3 dari Dinas Pendidikan yaitu Taslim Perdana, Elmida dan Tarmizi, Nofe Hendri, dari Kanwil Kemenag Sumbar dan 2 dari Staf Biro Bina Mental dan Kesra Marianto Agusta serta Krisna Murti.
Sebelum tim turun maninjau 4 Sekolah itu, disambut Walikota Payakumbuh diwakili Asisten I Yoherman bersama Kepala OPD terkait di Balairung Rumah Dinas Walikota Jl.Rasuna Said dan turut hadir dalam kesempatan ini Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh Asra Faber, segenap Tim Pembina UKS Kota dan Kecamatan dan undangan lainnya.
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Yoherman diawal sambutannya mengucapkan selamat datang pada Tim penilai LSS Tingkat Provinsi Sumbar yang telah hadir di Kota Payakumbuh untuk melakukan penilaian ke beberapa sekolah. Mudah-mudahan seluruh anggota tim merasa nyaman dan aman selama di Payakumbuh.
Dikatakannya keempat sekolah yang dinilai sudah merupakan sekolah unggulan yang terus membudayakan hidup bersih dan sehat baik di lingkungan keluarga  maupun di sekolah dan program usaha kesehatan sekolah (UKS) ini juga termasuk salah satu prioritas daerah yang tertuang dalam visi Pemerintah kota Payakumbuh yaitu meningkatkan kualitas kesehatan dan pelayanan kesehatan masyarakat.
Diharapkan Yoherman dengan adanya LSS Sumbar yang digelar tiap tahun ini akan  memotivasi warga, sekolah, dan pihak terkait lainya. Semoga LSS ini dapat dan mampu untuk mewujudkan sekolah yang sehat akan semakin meningkat.
”Mudah-mudahan keempat sekolah ini mampu merebut prestasi terbaik pada LSS tahun 2017 seperti yang diraih oleh MTSN Koto Nan Ampek sebagai terbaik Nasional Lomba UKS 2016,” harap Yoherman.
Sementara itu Ketua Tim Penilai LSS Bulhanifah ketika memberikan sambutannya menjelaskan, penilaian Lomba UKS ini adalah program tiap tahun secara berjenjang dan diharapkan akan terjadi perubahan prilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang berimbas pada lingkungan sekolah dan rumah tangga agar meningkatnya derjad kesehatan masyarakat.
“Tujuan dari LSS adalah sebagai evaluasi diri oleh Tim Pembina mulai dari Propinsi hingga kecamatan sedangkan yang dinilai antara lain Ruang Kerja Kepala Sekolah, Guru, Ruang Ibadah dan perilaku peserta didik, mudah-mudahan Payakumbuh kembali mewakili Sumbar Lomba UKS tahun ini ke Tingkat Nasional, ujarnya.
Sebelum Tim Penilai turun meninjau 4 Sekolah dan 4 Sekretariat UKS Kota dan Kecamatan, masing-masing Kepala Sekolah menyampaikan eksposenya dihadapan tim penilai yang dimulai dari Kepala TK Pembina Koto Panjang Yulnizur, kemudian Kepala SDN 49 Aini, dilanjutkan Kepala SMPN 2 Sefri Firman Rasyid, terakhir Kepala SMAN 3 Payakumbuh  Erwin Satriadi. (ada)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *