29 Sekolah di Payakumbuh Bakal Melaju ke Tingkat Nasional

BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)—Tim penilai sekolah sehat tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2017, kunjungi beberapa sekolah yang masuk nominasi penilaian Sumatera Barat di kota Payakumbuh, Kamis (31/8).

Walikota Payakumbuh diwakili Asisten I Yoherman, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada tim penilai sekolah sehat tingkat Provinsi Sumatera Barat yang telah hadir di kota Payakumbuh, semoga tim penilai selalu sehat dan betah selama berada di Kota Payakumbuh. 
Dari jumlah 174 sekolah di kota Payakumbuh, ada 29 sekolah berkategori baik sekali kualitasnya, jadi perwakilan kota Payakumbuh sekarang ini sudah merupakan yang terbaik dan Insya Allah bakal melaju ke tingkat Provinsi dan Nasional.
“Perwakilan sekolah sehat ini telah melalui berbagai seleksi yang ketat dan objektif dari tim penilai mulai dari tingkat kecamatan dan tingkat kota Payakumbuh, “ujar Yoherman. 
Sementara itu, ketua tim penilai tingkat Provinsi, Bulhanifah, mengatakan, di Payakumbuh, pelaksanaan lomba Sekolah Sehat ini didasari Peraturan Bersama antara Menteri Pendidikan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No.6/X/PB/2017 tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).
Penilaian ini bukan saja melibatkan sekolah umum saja tetapi juga melibatkan sekolah agama, jadi tidak ada perbedaan antara sekolah umum dan sekolah agama dalam penilaian sekolah sehat ini.
Tujuan dari pelaksanaan penilaian sekolah sehat ini, adalah sebagai evaluasi diri bagi kita semua khususnya bagi tim penilai sekolah sehat ini, dalam pelaksanaan program sekolah sehat ini, kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap jalur, jenis dan jenjang pendidikan. 
Bulhanifah berharap, penilaian sekolah sehat ini bukan sekedar penilaian bentuk fisik sekolahnya saja, melainkan dari bentuk mutu pendidikan, prestasi belajar peserta didik, perilaku hidup bersih dan sehat serta lingkungan pendidikan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis peserta didik.
Adapun sekolah yang dinilai tim penilai sekolah sehat tingkat Provinsi adalah, TK Pembina Koto Panjang Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur, SD 49 Kelurahan Balai Panjang, Kecamatan Payakumbuh Selatan, SLTPN 2 kota Payakumbuh, SMAN 3 kota Payakumbuh. 
Tim di ketuai Biro Bina Mental dan Kesra Sekdaprov Sumatera Barat Bulhanifah bersama tim di sambut Walikota Payakumbuh Riza Falepi diwakili Asisten I Yoherman didampingi Kakan Kemenag Asra Faber, Kepala OPD terkait Ketua Tim Penggerak PKK Kota Payakumbuh, para kepala sekolah dan Tim Pembina UKS kota Payakumbuh. (ada)