Bupati Solok Gusmal: Pemuda Adalah Aset Nagari Yang Harus Dijaga

Bupati Gusmal memberi arahan dihadapan para pemuda perwakilan dari seluruh nagari di Kbupaten Solok dan berharap pemuda menjadi pelopor pembangunan dan mensukseskan program Empat Pilar di nagari masing-masing
BIJAK ONLINE (SOLOK)-Para pemuda adalah harapan bangsa dan ditangan pemuda juga terdapat tanggungjawab yang besar untuk kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Jika generasi mudanya baik, maka akan baiklah sebuah bangsa dan jika generasinya hancur, maka rusaklah negeri ini. 
Hal tersebut disampaikan Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, saat memberi arahan pada acara Pembinaan Pemuda Pendeteksi Dini di Kabupaten Solok Dalam Rangka Menjaga Generasi Muda dari Segala Pengaruh Yang Tidak Baik, bertempat di Ruang Pelangi, Kantor Bupati Solok, Kamis (30/3), 
“Kalau pemuda ini kuat dan bertaqwa, saya yakin nagari dan Kabupaten akan maju. Sebaliknya, bila pemuda atau pemudinya rusak, maka akan hancur pulalah Kabupaten ini. Makanya, peran pemuda dalam menjaga nagari dan Kbupaten dari hal-hal buruk adalah sangat penting,” jelas Bupati Gusmal. Selain Bupati Solok, tampak hadir pada acara tersebut adalah Kapolres Arosuka Kabupaten Solok, AKBP Reh Ngenana,SH, M.Si, Kepala Kantor Kesbang Pol, Junaidi, S.Sos dan perwakilan masing-masing peuda dari seluruh nagari yang ada di Kabupaten Solok.
Bupati Gusmal menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh Kesbang pol ini, dimana menurut Bupati bahwa peran pemuda dalam segala aspek kehidupan ber bangsa dan bernegara sangat di perlukan. 
“Para pemuda perlu kita siapkan sebagai tenaga pendeteksi dini berbagai ancaman yang menggangu ke amanan dan stabilitas kehidupan masyarakat. Pemuda juga harus peka terhadap keamanan lingkungannya dan di Minang adalah pemuda yang capek kaki ringan tangan dan Pemuda adalah generasi penerus dimasa yang akan datang,” jelas Gusmal. Bupati juga berharap agar pemuda harus pemikirannya visioner dan Bupati tidak ingin pemuda terpengaruh oleh hal-hal negatif yang akan merusak mental. 
“Pemuda harus bisa pendeteksi dini dan harus bergerak cepat kalau terdapat hal hal yang mencurigakan di nagari nya, segera laporkan kepada walinagarinya. Saya berharap pemuda pendeteksi dini dapat bekerja sama dengan bhabinkamtibmas di nagarinya serta terakhir Pemuda diharapkan dapat mensukseskan program pemerintah 4 pilar pembangunan,” jelas H. Gusmal.
Sebelumnya, Ketua pelaksana acara, Junaidi dalam laporannya menyampaika bahwa tujuan diadakan acara ini adalah dalam rangka meningkatkan peranan pemuda dalam meningkatkan kewaspadaan di tengah masyarakat. “Dengan acara ini, kita harapkan masyarakat nantik dapat mencegah segala permasalahan yang akan masuk di nagarinya. Pemuda diharapkan mampu menjadi penggerak pembangunan di nagari masing-masing dan dapat pula menjadi relawan yang siap apabila terjadi bencana,” terang Junaidi. Bertindak sebagai Narasumber pada acara tersebut adalah  Bupati solok, kapolres dan Kakan Kesbangpol (wandy)