SMP 3 Gunung Talang Akan Dinilai Tim UKS Sumbar

Inilah wajah SMP Negeri 3 Gunung Talang Kabupaten Solok yang tahun ini akan mengikuti lomba UKS tingkat Sumbar dan lomba Adiwiyata Tingkat Nasional 
BIJAK ONLINE (SOLOK)-SMP Negeri 3 Gunung Talang, Kabupaten Solok, terpilih menjadi sekolah SMP yang akan mewakili Kabupaten Solok tahun 2017, sebagai sekolah Adiwiyata tingkat nasional Tahun 2017. Sekolah adiwiyata merupakan Sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah serta peduli lingkungan. Selain itu, pada tahun ini juga SMP 3 Gunung Talang akan dinilai Tim UKS Sumbar untuk mewakili Kabupaten Solok untuk lomba UKS tingkat Sumbar
Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Gunung Talang, Suardi, SPd yang juga Ketua Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Sumatera Barat ini, menyebutkan bahwa tahun ini selain mewakli Kabupaten Solok untuk lomba sekolah Adiwiyata tingkat nasional, SMP 3 Gunung Talang juga akan dinilai Tim UKS tingkat Sumbar sebagai sekolah yang sudah menerapkan sistim Trias UKS, yang mana Trias UKS tersebut meliputi Pendidikan Kesehatan, yang merupakan bagian dari keseluruhan upaya kesehatan Promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif, yang lebih menitip beratkan kepada upaya untuk meningkatkan pola hidup sehat. 
Saat ini SMP 3 Gunung Talang terus berbenah agar bisa berbicara banyak tingkat Sumbar dan nasional. “Tahun lalu SMP Negeri 2 Gunung Talang yang akan mewakili Sumbar pada ajang lomba UKS tingkat nasional dan isyaallah tahun ini SMP kita juga akan mewakili lomba UKS tingkat Sumbar dan lomba Adiwiyata tingkat nasional. Ini berkat kerjasama semua pihak, termasuk peran penting alumni yang peduli kepada sekolah,” jelas Suardi, di ruang kerjanya, Selasa (28/2).
Berbagai upaya dilakukan pihak sekolah yang bekerjasama dengan majelis guru, isiswa, komite dan masyarakat sekitar untuk mewujudkan sekolah sehat. Seperti untuk membersihkan sampah plastik, sekolah ini melakukan dalur ulang dengan memanfaatkan sampah plastik untuk diolah dan bisa dimanfaatkan. Selain itu, Kepsek Suardi juga sangat berharap dukungan lingkungan sekitar dan masyarakat sekolah, komite, alumni dan majelis guru serta Dinas Pendidikan untuk secara bersama-sama menjaga lingkungan dan kebersihan agar tercipta lingkungan sehat dan bersih. Penilaian Unit Kesehatan Sekolah (UKS) Provinsi Sumatera Barat, akan dilakukan dalam minggu ini oleh tim UKS dari Provinsi Sumbar.
Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Solok, Nofiarman, Selasa (28/2) menyebutkan bahwa sebelum Tim Penilai mendatangi sekolah tersebut. Tim akan diterima oleh Bupati Solok di ruang kerjanya. Setelah itu, Tim UKS juga akan meninjau Sekretariat UKS Kabupaten Solok di Arosuka, Sekretraiat UKS Kecamatan Gunung Talang dan Sekretariat lainnya. “Kita tentunya berharap agar nanti Kabupaten Solok bisa berbicara lebih di tingkat Provinsi dan nasional, sehingga bisa sekolah itu bisa menjadi contoh bagi anak-anak untuk membiasakan pola hidup sehat,” tutur Nofiarman. “Kedatangan tim tentu akan melihat dan meninjau dari dekat, apakah objek yang kita kirim ke tingkat Sumbar sudah sesuai dengan fakta di lapangan,” tutur Nofiarman. Penilaian ini juga bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan melalui perubahan perilaku di lingkungan setempat (wandy)