Catatan Irwan Prayitno: Wakil Presiden Serahkan Piala Wahana Tata Nugraha ke Pemprov Sumbar

Pemprov Sumatera Barat meraih Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama 2016, yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI di Istana Wapres, 31 Januari 2017
Penganugerahan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KP 588 Tahun 2016 tentang penerima penghargaan Wahana Tata Nugraha untuk Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota Tahun 2016.
Daerah yang berhasil meraih Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama adalah daerah yang berhasil lolos dari beberapa tahapan penilaian atau seleksi yang cukup ketat dari Kementerian Perhubungan RI.
Tahap penilaian tersebut meliputi penilaian aspek administrasi, penilaian ke lapangan oleh panitia pusat, provinsi dan akademisi dengan objek yang dinilai Kantor Administrasi Dishub, terminal, angkutan, pajak kendaraan bermotor. Penilaian terakhir adalah ekspose hasil penilaian berupa komitmen dari kepala daerah terkait kebijakan di bidang perhubungan.
Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama merupakan penghargaan dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi yang memiliki komitmen yang kuat terhadap membina, membangun dan meningkatan kinerja lalu lintas dan angkutan jalan.
Selain Pemprov Sumatera Barat, terdapat 10 Provinsi lainnya yang menerima Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama Tahun 2016 yakni Sumatera Selatan, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.
Untuk tingkat Kota, dari Sumatera Barat, dimenangkan oleh Kota Padang.Penulis Gubernur Sumbar)