Jhon Kenedi Martin: Jadi Wirausaha Itu Harus Punya Keberanian

BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)– Wirausahawan sukses putra Kabupaten Padang Pariaman, Jhon Kenedi Martin, mengatakan, menjadi seorang wirausaha harus memiliki keberanian karena di dalam wirausaha pasti akan mengalami bermacam-macam kendala. Tanpa keberanian hanya akan mengendurkan niat awal berwirausaha ketika mulai muncul berbagai masalah. 
Demikian disampaikan Jhon Kenedi Martin, dalam memberikan materi pada Workshop, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Padangpariaman, Kamis (22/9/2016) di sekretariat PKB  Sungailaban, jalan lintas Lubuk Alung  – Pariaman.
Dikatakan, dalam berwirausaha harus memiliki visi dan misi karena jika tidak memiliki itu akan mengakibatkan kita tidak bisa disiplin dan seenaknya sendiri dalam mengelola usaha. Dengan memiliki visi dan misi maka dalam membangun sebuah usaha akan lebih terarah terorganisir dan terstruktur, jelas arah tujuannya. 
Ketua DPC PKB Padangpariaman Zulhelmi Tuanku Sidi, mengatakan,  Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Padangpariaman, mendorong masyarakat untuk mampu berwirausaha.  Kebijakan Pemerintahan Presiden Joko Widodo yang memberikan porsi anggaran pembangunan ke desa/nagari yang mencapai miliaran rupiah, menunjukkan pembangunan Indonesia yang dimulai dari pinggiran.
Menurut Zulhelmi, masyarakat Padangpariaman harus mempersiapkan diri dalam mengelola kucuran dana tersebut. Siap dalam arti mampu mengelola dengan baik dana yang diberikan untuk kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat. “Karena itu, pelatihan ini tidak saja diikuti oleh kader PKB, tapi masyarakat yang berminat untuk mengembangkan usahanya dipersilakan ikut  workshop kewirausahaan ini. Kegiatan berikutnya dilaksanakan langsung di tingkat kecamatan,” kata Zulhelmi mantan anggota DPRD Padangpariaman ini. 
Kadiskoperindag ESDM Padangpariaman Rustam menyebutkan, Pemkab Padangpariaman terus mendorong masyarakat untuk membangun semangat berwirausaha, baik industri kecil maupun usaha kecil. Pelatihan ini membantu Pemkab Padangpariaman untuk melaksanakan sebagian tugas pemerintah dalam mendorong peningkatan ekonomi masyarakat. 
“Dinas Koperindag akan memfasilitasi masyarakat yang berwirausaha agar usahanya   dapat berkembang dengan baik sehingga mampu menyerap tenaga kerja. Yang penting dalam berwirausaha adalah adanya kemauan, perencanaan usaha yang akan dikembangkan, memiliki ilmu pengetahuan dan kejujuran. Tanpa hal tersebut, maka seseorang tidak akan bisa menjadi wirausahawan sukses,” kata Rustam.  
Dinas Koperindag Padangpariaman setiap tahunnya menyediakan anggaran untuk peningkatan dan pengembangan usaha kecil dan menengah di Kabupaten Padangpariaman. Bahkan biaya pendaftaran izin dan merek pun difasilitasi oleh Koperindag. Hal ini tentu dengan melihat potensi dan prospek usaha yang sudah dikembangkan, kata Rustam menambahkan.
Workshop yang dibuka Kepala Dinas Koperasi, Industri, Perdagangan, Pertambangan dan Mineral Kabupaten Padangpariaman Rustam, dihadiri Ketua Dewan Syuro PKB Padangpariaman Ali Basar Tuanku Sutan Sinaro, pengurus DPC PKB dan utusan dari nagari. Tampil sebagai pemateri Kabid Kelembagaan Badan Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan (BP3KKP) Kabupaten Padangpariaman Ir. Rosita dan Wirausahawan Jhon Kenedi Martin. (amir)