Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang dan TK Telkom Dinilai Juri LSS Tingkat Nasional

BIJAK ONLINE (PADANG)-Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Padang dan TK Telkom Aurduri, memperoleh amanah mewakili Sumatera Barat mengikuti Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Nasional tahun 2016. 
Tim juri nasional tersebut disambut Walikota diwakili Staf Ahli, H. Zabendri bersama pimpinan SKPD terkait, juga Kepala MAN 2 Padang, Drs. Syukrizal, MM dan Kepala TK Telkom Aurduri, Irma Candra Dewi, di Palanta Kediaman Walikota Padang, Kamis (26/5).
Ketua Tim penilai Drs. H. Bil Bachtiar, dan rombongan merasakan perbedaan terhadap penyambutannya. Dia mengungkapkan ini pertanda keseriusan Pemko Padang terhadap LSS. Sebagaimana diketahui, poin penilaian LSS tersebut fokus terhadap kebersihan dan kesehatan sekolah seperti penanganan toilet sehat, wastafel sehat, kantin sehat dan penanganan agar siswa selalu sehat melalui program Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M).
“Pada 2016 ini, sebanyak 93 sekolah berasal dari Kabupaten dan Kota sebanyak 24 provinsi di Indonesia mengikuti Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional. Perlombaan tersebut memiliki beberapa unsur yang menjadi acuan dalam penilaian, sehingga nantinya yang meraih juara tidak hanya meraih predikat sekolah sehat terbaik namun juga menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya di Indonesia,” ungkap Bil Bachtiar.
Bil Bahtiar juga menyebutkan, adapun unsur-unsur yang menjadi patokan dalam penilaian LSS tingkat Nasional kali ini diantaranya, ketersediaan sarana dan prasarana sesuai standar yang diperlukan. Selanjutnya, sejauh mana kemampuan sekolah dalam memprogramkan UKS yang kemudian dilaksanakan para siswa dalam kehidupan sehari-hari. Setelah itu perilaku siswa dalam penerapan program UKS di sekolah dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) juga dinilai.
Sementara itu Staf Ahli, H. Zabendri menyampaikan, atas nama Pemko Padang menyampaikan apresiasi setinggi – tinginya atas keberhasilan MAN 2 Padang dan TK Telkom Aurduri menjadi duta Sumatera Barat khususnya Kota Padang dalam LSS tingkat Nasional tahun 2016.
“kita semua harus memberikan dukungan dan motivasi karena dari sekian banyak sekolah dan madrasah di Kota Padang, MAN 2 Padang dan TK Telkomlah yang melaju ke tingkat Nasional. Mari kita doakan semoga bisa menjadi juara satu dalam lomba bergengsi tingkat nasonal ini,” ucap Zabendri dihadapan rombongan tim juri nasional dan hadirin lainnya.
Kemudian lebih lanjut Zabendri berharap, penilaian ini diharapkan menjadi momentum untuk membudayakan lingkungan sekolah atau madrasah yang sehat dan bersih lingkungan. “Jadi tidak sekedar untuk penilaian semata. Tetapi lomba ini juga sebagai tauladan bagi sekolah atau madrasah lainnya untuk bisa menciptakan budaya hidup dan lingkungan sehat dan bersih di sekolah,” tukasnya. (David/Fsl/*)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *