Wako Pariaman: Pemerintah Bertanggungjawab Menyediakan Fasilitas untuk Konsumen dan Produsen

BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Wali Kota Pariaman, Drs. H. Mukhlis Rahman, MM, mengatakan, pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan fasilitas dan membuat sarana dan prasarana yang  baik bagi konsumen maupun produsen, seperti penataan pantai yang baik, dimana fasilitas public dan Ruang Terbuka Hijau (RTH).
Ruangan RTH  tidak boleh dipakai oleh produsen dalam hal ini para pedagang, dan dapat dilaporkan oleh para pengunjung atau wisatawan yang dalam hal ini bertindak sebagai konsumen, kepada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Pariaman yang baru-bari ini telah dilantik, dan hal ini baru sebagian kecil dari apa itu pemenuhan hak-hak konsumen, terangnya.
Hal tersebut disampaikan  Mukhlis Rahman dalam sambutannya pada acara peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2016 tingkat Kota Pariaman yang diselenggarakan dengan kegiatan jalan santai yang dimulai start dan finishnya di Pantai Gandoriah Kota Pariaman, Minggu (24/4/2016).
Dikatakan, pentingnya hak-hak konsumen untuk dapat dipenuhi oleh produsen, sehingga terciptannya persamaan persepsi antara para konsumen dalam hal ini rakyat sebagai pemakai, dengan pelaku usaha baik perorangan, badan usaha maupun pemerintah sebagai produsen untuk sama-sama menjadikan Gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri dan Cinta Produk Dalam Negeri sesuai tema Harkonas 2016, dapat kita wujudkan.
“Kita harus dapat meletakkan sesuatu itu pada tempatnya, seperti penataan yang telah kita lakukan selama ini, jangan hanya melihat dan menyalahkan pemerintah saja (how bad the government) tetapi apa yang telah dilakukan oleh pemerintah yang telah kita laksanakan untuk rakyat Kota Pariaman. 
Pendidikan gratis 12 tahun sampai Bus Sekolah Gratis, Kesehatan gratis, bantuan-bantuan untuk para UMKM dan pelaku usaha, serta bantuan sosial lainnya yang kesemuannya itu hendaknya dapat menjadi pemikiran bagi kita semua terhadap apa saja yang telah pemerintah Kota Pariaman lakukan,” tuturnya.
Diharapkan dengan peringatan Harkonas 2016 ini, mampu menjadi momentum bagi seluruh pemangku kepentingan untuk meningkatkan kesetaraan antara konsumen dan produsen, serta mampu mendorong semua pihak untuk mengambil peran aktif dalam mewujudkan konsumen Indonesia yang cerdas, mandiri, dan cinta produk dalam negeri, serta dengan nasionalisme tinggi menggunakan produk buatan kita sendiri, tutupnya.
Acara ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyudin, Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh Endro Nurbantoro dan istri, Ketua Dekranasda Kota Pariaman Ny. Reni Mukhlis, Asisten I Khaidir, Kadis Koperindag Gusniyeti Zaunit dan jajaran selaku panitia acara, perwakilan Bank Nagari, Kepala SKPD, Kabag, Camat, petugas pengamanan yang terdiri dari Kepolisian, Dishubkominfo, dan Satpol PP Kota Pariaman dan peserta jalan santai yang berasal dari Kota dan Kabupaten Pariaman yang datang. (amir)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *