Bupati Solok Gusmal Akan Gelar Resepsi Pernikahan Putra Bungsunya

Para ibu-ibu di nagari Koto Gadang Guguk, tampak sibuk menyiapkan galamai (dodol Solok), untuk pernikahan putra Bupati Solok Gusmal, sebagai ciri khas pada pesta pernikahan di nagari tersebut
BIJAK ONLINE (SOLOK)-Hari Sabtu dan Minggu tanggal 16 dan 17 April 2016 ini, akan menjadi hari paling berbahagia bagi keluarga Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM dan isteri Ny. Hajjah Desna Devi Gusmal, SH, karena anak bungsunya, Renaldo Gusmal, SE, akan merayakan resepsi pernikahan dengan gadis pujaannya, yakni  Sheren Yuliof Azhike Zulkisar, SPt, yang merupakan putri dari Bapak Zulkisar dengan isteri Desnifal, warga Sarimanggis, Koto Gadang Guguk.  
Acara   akad nikah  sendiri sudah dilaksanakan tanggal 15 Januari 2016 silam, bertempat di  Masjid   Raya Koto   Gadang   Guguk,   dengan dihadiri ribuan masyarakat Kabupaten Solok.
Resepsi pernikahan Bupati Solok ini, diyakini akan berlangsung meriah, karena Bupati Solok baru saja menjabat sebagai Bupati dalam Pemilukada yang digelar 9 Desember 2016 lalu. Diperkirakan undangan akan membludak dari tiga nagari Guguk, yakni Jawi-Jawi Guguk, Koto Gadang Guguk dan Koto Gaek Guguk. 
Acara untuk masyarakat umum digelar pada hari Sabtu di kediaman Gusmal di Pasar Usang, nagari Koto Guguk dan untuk undangan dari daerah seperti Gubernur dan Walikota serta para para pejabat seperti anggota legislatif dan media akan dilangsungkan pada hari Minggu tanggal 17 April di Guest Houase Arosuka. Bahkan sejak Selasa lalu, dikediaman sudah digelar acara hiburan dari berbagai kesenian daearh yang ada di Sumbar. 
Acara tersebut akan dilangsungkan hingga Minggu malam, termasuk pertunjukan kesenian dari berbagai nagari yang ada di Kabupaten Solok. Bahkan dalam satu Minggu terakhir, suasana kesibukan jauh lebih nampak dikediaman H. Gusmal dari pada di kantor Bupati sendiri. Bahkan pemandangan yang aneh, di mana pada hari Jum’at tanggal 15 April 2016, kantor Bupati tampak sepi.
 “Kebanyakan dari para PNS berada di bawah di kediaman Bapak Gusmal karena beliau akan menikahkan anaknya. Tapi harusnya PNS tidak meninggalkan kewajibannya sebagai abdi negara. Kepada Bupati kita boleh saja royal,” tutur warga Arosuka, Nova Indara, menyorot sepinya kehadiran PNS di kantor. Namun anehnya, yang dituduh rame di rumah Gusmal, malah PNS itu sendiri yang banyak tidak masuk. 
Kesibukan lain yang tampak dikediaman Gusmal dan keluarga mempelai perempuan adalah para ibuk-ibuk yang jumlahnya ratusan tampak sibuk mengaduk galamai sebagai ciri khas baralek di tiga nagari yang ada di Guguk yang dipanaskan dalam beberapa wadah besar. 
“Galamai ini adalah ciri khas nagari Guguk, jadi tidak bisa ditinggalkan untuk dihidangkan kepada para tamu yang hadir,” tutur kerabat Gusmal, Era Febri (37), ketika sedang asyik mengaduk galamai (dodol). Renaldo merupakan anak bungsu dari pasangan H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM dengan isterinya Hajjah Desna Devi. Renaldo lahir di Koto Gadang Guguk, tanggal 12 Agustus1988 dan menamatkan S1 di salah satu perguruan tinggi swasta di kota Padang.  
Sementara isterinya Sheren Yuliof Azhike, merupakan pegawai honorrer di Pemkab Solok dan anak dari Zulkisar, SPd, MM   dengan pasangan Desnifal, yang merupakan warga Pasa Usang, Koto Gadang Guguk.  “Mudah-mudahan   Renaldo   dan   Sheren   menjadi   keluarga   yang   sakinahmawadah dan warahmah atau terhormat, dilindungi dan berjalan langgeng,” tutur Gusmal yang diamini isterinya Ny. Hajjah Desna Devi Gusmal, SH. Selamat menempuh hidup baru buat Edo dan Sheren, semoga menjadi keluarga samawa! (wandy)