RAT Koperasi Pasar Padang Sago Berlangsung Sukses dan Lancar

BIJAK ONLINE (Padang  Pariaman)–Pelaksanaa Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pasar Padang Sago, tahun buku 2015, berjalan sukses dan lancar. Peserta RAT menerima Lapaoran Pertanggungan Jawaban (LPJ) Pengurus dan Pengawas, Kamis (25/2/2016) di Kantor Camat Padang  Sago.
Ketua Koppas Padang Sago, Afrizal, SE di dalam laporannya mengatakan, selama tahun 2015, Koppas telah memberikan pinjaman kepada anggota dari Unit Usaha Simpan Pinjam (USP) sebanyak Rp. 223 juta, lebih kurang 16 parsen dari target yang sudah ditetapkan sebanyak Rp. 265 juta.
Kemudian usaha Pembiayaan Barang  yang dapat direalisasikan sebanyak Rp. 25 juta (71%) dari target yang dtetapkan sebanyak Rp. 85 juta. Kemudian selama tahun 2015, Koppas Padang Sago, juga telah melakukan Safari Ramadhan untuk yang keempat kalinya dengan mengunjungi mesjid atau mushalla satu pernagari dan ditambah dengan satu surau dagang di Pasar Padang Sago dan setiap kunjungan Pengrus telah memberikan bantuan Rp. 1.100 ribu/mesjid yng dikunjungi.
Lebih jauh disampaikan, pada tahun 2015 Koppas Padang Sago, telah memberikan kesejahteraan pada anggota dalam bentuk paket lebaran sebesar Rp. 17 lebih dan meningkat dari tahun sebelumnya. Tahun 2014, paket lebaran hanya diberikan sebesar Rp. 15 lebih.
Menurut Afrizal, Koppas Padang Sago, sampai saat ini satu-satunya, Koperasi Pasar yang terus berupaya memajukan dan mengembangkan perekonomian dan turut bersinergi dalam pengembangan dan membangun daerah kerjanya melalui program pemerintah yang sampai saat ini telah dilaksanakan, seperti Pengelolaan Dana Asuransi Kesejahteraan Sosial (Aksos) dari Dinas Sosial Sumatera Barat tahun 2010.
Kemudian Pengelolaan Transportasi dari Kementerian PDT RI yang difasilitasi oleh Camat Padang Sago, ketika itu Camat Padang Sago Drs. Azminur bersama dengan Dinas Perhubungan dan Kominfo Padang Pariaman Tahun 2012.
Pada tahun 2013, Koppas Padang Sago diberikan amanah melaksanakan Program Revitalisasi Pasar Tradisional dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI yang difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Sumbar bersama Dinas Koperindag, Energi dan SDM Padang Pariaman dengan anggaran Rp. 900 juta.
Pada sisi lain Afirzal juga melaporkan jumlah anggota koperasi dari tahun ke tahun terus ada peningkatan dan sampai akhir tahun 2015, jumlah anggota sebanyak 414 orang, naik sebesar (1%) dan salah satu anggota Koppas Padang Sago, sekarang dipercaya kembali menjadi Bupati Padang Pariaman untuk periode 2016-2021 yaitu Drs. H. Ali Mukhni.
Ditambahkan lagi, Koppas Padang Sago, dalam memenuhi modal kerja untuk kegiatan usaha anggota dan konsumtif masyarakat, modal berasal dari penghimpunan simpanan tetapanggota dan simpanan tidak tetap anggota serta non anggota. Selamat tahun tahun 2015 terhimpun sebesar Rp. 861.747,100.
Secara akumulatif sejak Koppas Padang Sago berdiri tahun 2005 sampai dengan Desember 2015, telah terhimpun simpanan sebanyak Rp. 9 miliyar lebih yang berasal dari penyetoran simpanan pokok, wajib, sukarela, peduli koperasi dan tabaja.
Dari sejumlah yang terhimpun setiap tahun dan diputarkan untuk modal kerja hanya sebesar 10%. Dari perkembangan simpanan diatas, bila dilihat kepada jumlah orang penyimpan atau penabung mengalami kenaikan dari tahun 2014.
Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Koperindag, Energi dan SDM Padang Pariaman, Yulidarmen, SE, dalam sambutannya mengatakan, Koppas Padang Sago, merupakan koperasi dalam katageri sehat, karena koperasi yang dianggap sehat itu yang mampu melaksanakan RAT dari Januari sampai dengan Maret. 
Sementara itu Camat Padang Sago, Hasan Basri, dalam sambutannya mengatakan, koperasi itu, usaha anggota milik bersama, maju mundurnya koperasi tergantung kepada disiplinan dan kejujuran anggota dengan pengurus, maju dan mundurnya koperasi itu, tergantung kepada anggota dan pihak pengelola.
“Saya melihat Koppas Padang Sago, sudah berbuat untuk anggota dan daerah kerjanya. Namun disana sini masih ada yang perlu untuk dibenahi, kembalilah kepada tekad dan niat serta komitmen saat mendirikan koperasi,” ujarnya. (amir)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *