Kakao Komoditas Penting Bagi Perekonomian Kecamatan Sungai Geringging

BIJAK ONLINE (Padang  Pariaman)–Kakao merupakan salah satu komoditas perkebunan yang peranannya cukup penting bagi perekonomian masyarakat Kecamatan Sungai Geringging. Besarnya minat masyarakat untuk mengembangkan tanaman kakao terlihat nyata dengan banyaknya tegakan tanaman, serta mau menjadikan kebunnnya disulap menjadi taman kakao.
Mekipun itu, tentu ada Permasalahan yang mendasar bagi petani  yakni terlalu banyak nya hama tupai , dan sejenis lainnya inilah permasalahan pokok yang selalu di keluh kan petani. bagaimana tidak hasil panen yang selalu di dambakan tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan.
serangan hama tupai dapat menurunkan hasil produksi sampai 50 persen. 
Hama ini menyerang pertanaman mulai dari buah yang masih muda sampai buah yang matang, sehingga sangat merugikan petani.
Penurunan panen kakao membuat pendapatan petani mengalami penurunan hingga 50% lebih. Bahkan biaya perawatan tidak mampu didapatkan dari panen kakao tersebut.
Akibat sering memakan tanaman, petani kakao di kecamatan Sungai Geringing terpaksa di bunuh dalam perburuan skop kecamatan. satu ekor hama tupai di hargai 5000.dan hasil buruan itu cukup memuaskan hingga pada hari pertama dan hari ke II Rabu 25 s/d 26 november 2015 itu hingga mencapai 5878 ekor.
Bupati yang diwakili oleh Asisten II Ali Amran mengatakan bahwa buru tupai yang dilaksanakan bertujuan untuk membantu petani sekaligus memotivasi agar meningkatkan hasil produksi perkebuan.
“kita bangga dan apresiasi kepada pelaksana buru tupai yang dilaksanakan oleh Gapoktan kakao suka fajar serta tuan rumahnya Kelompok Tani Remaja Karya ini, karena selain buru tupai juga dilaksanakan Promosi hasil Tani atau hasil perkebunan kakaonya. 
Jarang kegiatn ini kita temukan di berbagai Gapoktan lainnya dipadang pariaman” terangnya Ali Amran Asisten II itu kepada Koran ini.
Sementara Yurisman kepala dinas Pertanian peternakan dan kehutanan Padang Pariaman, juga cukup bangga atas pelaksanaan ini. Cukup tersusun rapi selain buru tupai juga adanya pameran tanaman, serta lomba-lomba bijij kakao dan lomba stand terbaik. Selain itu, sekaligus pemeberian Hadiah Lomba Desain Kebun taman Kakao yaitu CUP DPRD padang pariaman yang telah dinilai  beberapa bulan yang lalu., kata Yurisman sambil minum susu coklat hangat di lokasi buru itu.
Lebih lanjut disampaikan kepala dinas bahwa kegiatan ini, merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi khususnya bidang perkebunan. Katanya kadis mengakhiri.
Sementara itu, ketua DPRD padang Pariaman H. Faisal Arifin sangat mendukung kegiatan buru hama tupai yang merusak tanaman milik petani, karena milik petani sangat merugikan hingga menyebabkan gagal panen.
Kedepan tentu harus diagendakan menjadi agenda tahunan bagi dinas pertanian khususnya bidang perkebunan, untuk memotivasi petani kebun kakao serta kelapa dalam rangka penigkatan produkasi komoditi perkebuana demi kesejahteraan masyarakat.kata ketua mengkhiri. 
Ketua Gapoktan Kakao Suka Fajar kecamatan menyebutkan bahwa kegiatan ini terlaksana berkat semua pihak, baik tingkat masyarakat, korong, walinagari camat serta semua pihak yang terkait. Terimakasih kepada pemerintah daerah kabuapateen padang pariaman dan saya yang mewakili seluruh anggota kelompok cukup memberikan apresiasi khususnya dinas pertanian peternakan dan kehutanan.terangnya piau. (r/YA)