Suardi Ketua MKKS SMP Kabupaten Solok: Kualitas Murid Tergantung Guru

Suardi dan Yulidasmar
BIJAK ONLINE (SOLOK)-Maju atau mundurnya dunia pendidikan di suatu daerah, sangatlah ditentukan oleh kualitas guru yang mengajar dan menyampaikan materi kepada siswanya. Selain itu, peran orang tua untuk ikut memotivasi anak-anaknya, juga sangat dibutuhkan.
Penyataan tersebut disampaikan oleh Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Solok, Suardi, SPd, ketika berbincang, Jum’at (30/10). 
“Kualitas guru dan standar guru yang berkopentensi, sangatlah menentukan sekali bagaimana anak-anak bisa memahami materi yang disampaikan. Guru tidak hanya menjadi contoh di sekolah atau di masyarakat, tetapi seorang guru harus cerdas dan bisa membaca situasi dan kondisi di mana di tugaskan,” tutur Suardi, yang diamini Wakil Ketua MKKS SMP Kabupaten Solok, Yulidasmar.
Dimata Suardi, meski kualitas pendidikan di Kabupaten Solok tidaklah terlalu buruk secara kualitas dan hanya secara peringkat diakuinya jauh menurun dalam dua tahun terakhir, namun seluruh guru di Kabupaten Solok khususnya guru SMP, sangat ingin memajukan dunia pendidikan di daerah tersebut.
“Kita para Kepala Sekolah yang tergabung dalam MKKS, selalu mengevaluasi kinerja guru dan Kepsek setiap bulannya dengan menggelar pertemuan MKKS rutin satu kali sebulan, guna membahas dan membicarakan apa permasalahan yang dihadapi di sekolah SMP yang ada di Kabupaten Solok,” tutur Suardi, yang juga Kepsek SMP 3 Gunung Talang itu.
Selain Suardi, Wakil Ketua MKKS SMP Kabupaten Solok, Yulidasmar, juga hampir senada dengan Suardi. Menurutnya, selain kemauan guru dan para Kepala Sekolah, faktor motivasi dari orang tua juga sangat menentukan. “Sebenarnya majunya maju atau mundurrnya dunia pendidikan disuatu sekolah, peran pelaku pendidikan, orang tua dan masyarakat sekolah sangatlah dibutuhkan,” terang Yulidasmar (wandy)