Wako Pariaman: Generasi Muda adalah Harapan Bangsa dan Negara

BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Wali Kota Pariaman, Drs. H. Mukhlis Rahman, MM,   mengatakan, generasi muda adalah harapan bangsa dan Negara, mau mundurnya Negara ini terletak di tangan pemuda. 
Generasi muda sebagai penerima tongkat estapet tidak boleh loyo, pemuda wajib  semangat menjaga jiwa patriotism,  pemuda yang berhasil menyatukan visi kebangsaan yang utuh yaitu, bertumpah darah satu, tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesi.
Hal itu dikatakan Mukhlis Rahman, saat memberikan  sambutan pada acara Peringatan Sumpah Pemuda tahun 2015 tingkat Kota Pariaman, Rabu, (28/10/2015) di halaman Balaikota Pariaman.
Dikatakan, fakta sejarah mencatat pemuda selalu berada di garda terdepan baik pada masa pergerakan maupun pada masa perjuangan kemerdekaan.  Oleh kerena itu menurut dia ketauladanan yang telah ditunjukkan para pemuda Indonesia hendaklah menjadi contoh bagi generasi muda sekarang dalam mengisi kemerdekan di masa sekarang.
Menurut Mukhlis,  kita perlu merekonstruksi  dan reaktualisasi nilai-nilai yang terkandung dalam perjalanan sumpah pemuda yang merupakan bagian sejarah NKRI. 
“Maka jiwa dan semangat sumpah pemuda perlu diaktualisasikan  agar relevan dan terpatri dalam sanubari untuk mengisi kemerdekan  di tengah perubahan zaman yang semakin cepat dan dinamis,” ujar dia.
Lebih jauh ditegaskan,  pemuda sebagai agen perubahan harus mampu mengatisipasi gelombang pengaruh negatif dari luar, kompetensi dan daya saing pemuda merupakan bagian integral dari pembangunan karakter yang harus terus diperkokoh untuk menghadapi masyarakat ASEAN yang dimuali tahun 2016.
Oleh karena itu, kesadaran dan semangat membangun sumber daya pemuda yang ahli, terampil dan professional,  seluruh elemen negeri semakin penting  perannya untuk mendorong dan memperkuat pertumbuhan generasi muda. 
“Jadikan peringatan Sumpah Pemuda ke 87 tahun 2015 ini sebagai inspirasi gagasan kreativitas pemuda melalui karya nyata dalam menjawab amanah dan tantangan di segala bidang,” pungkasnya. (amir)