Kini MTsN Koto Baru Dharmasraya Sudah Punya 21 Wartawan Pelajar

BIJAK ONLINE (Dharmasraya)-Madrasah Tsanawilyah Negeri (MTsN) Koto Baru Dharmasraya telah menyiapkan 21 pelajarnya untuk menjadi wartawan pelajar melalui pelatihan jurnalistik Program Madrasah Pintar Menulis yang merupakan kegiatan ektrakurikuler Kakanwil Kemenag Sumatera Barat, yang dimotori Drs Salman K Memet, MM bekerjasama dengan Tabloid Bijak dan Padangpos.com.

Menurut Pemimpin Perusahaan Tabloid Bijak, Furnawelly, Program Madrasah Pintar Menulis, tak hanya melatih dan membina pelajar MTsN Koto Baru Dharmasraya bisa menulis berita yang sesuai dengan pers Islam, juga menyiapkan generasi melek informasi, baik informasi melalui media cetak, elektronik maupun portal berita online atau webset.

Kemudian, kata Furnawely, Program Madrasah Pintar Menulis tak hanya mendidik siswa dan siswi MTsN bisa menulis berita sesuai rumus 5 W + 1 H, tetapi juga menyiapkan sebuah portal berita sebagai media bagi siswa-siswi berkomunikasi melalui dunia maya dan media sosial facebook dan twitter. “Hamdallah, kegiatan pelatihan jurnalistik di MTsN Koto Baru Dharmasraya berlangsung sukses dan mengembirakan, karena terlihat minat siswa-siswinya sangat antusias,” kata ibuk tiga anak ini.

Secara terpisah, Kepala TU MTsN Koto Baru Dharmasraya, Hendri menyebutkan, rencana sekolahnya untuk membuat portal berita sudah lama dan kini baru rencana itu bakal terealisasi setelah bertemu dengan Pimred Tabloid Bijak dan Padangpos.com. “In syaa Allah dalam minggu ini, rencana itu akan kami realisasikan,” kata T MTsN Koto Baru Dhyarmasraya, seusai acara pelathan jurnalistik, Sabtu, 15 Agustus 2015.

Menurut Hendri, semua perangkat pendukung portal berita, sekolahnya sudah punya seperti perangkat komputer dan jaringan internet, serta tenaga guru yang akan membimbing siswa dan siswi. “Pak kepala MTsN sangat merespon dan mendukung Program Madrasah Pintar Menulis ini dan termasuk rencana membuat portal berita,” katanya.

Kemudian, kata Hnedri, agar 21 wartawan pelajar yang telah dilatih ilmu jurnalistik, selalu dalam bimbingan Pimred Tabloid Bijak dan Padangpos.com dalam menjalankan kegiatan sebagai wartawan pelajar. “Kami ingin siswa, siswi yang telah belajar tatacara menulis berita ini memberitakan seputar MTsN agar semua masyarakat dunia tahu tentang MTsN ini,” tambahnya.

Nama peserta pelatihan:
1.Fahmi Fathurrahman          (IX-I)
2.Iva Margasia                      (IX-3)
3.Annisa Azhari Ananda        (VIII-7)
4.Atisah Raihan Fadillah        (VIII – 2)
5.Fathan Cova Kamil Khairy   (VIII-1 )
6.Endah Pang Hegar             (VIII – 3)
7.Libadinul Khairat                (VIII – 5)
8.Lauri Suci Ramadhan         ( IX-1 )
9.Lusi Amalia                       (IX-1)
10.Allala Maulidda                (IX-4)
11.Putriu Reno Nilam            (IX-2)
12.Sri Asyisifa Jalil               (IX-5)
13.Lestari Febrianti               (IX-5)
14.Feri Irawan Gea                (Viii-6)
15.Irfann Al-Fiansyah             (IX-4)
16.Mira Dhino Laskar Ashanto (VIII-1)
17.Alehandro Rudelva              (VIII-4)
18.Dwi Putri Sauha                  (VIII-6)
19.Miftahul Aulia                     (VIII-4)
20.Elgi Sunita                         (IX-3)
21.Tella Belara                        (IX-6)