Suasana Pasa Pabukon di Lubuk Basung Kabupaten Agam

BIJAK ONLINE (Agam)-Camat Lubuk Basung, Hilton,SH menyambut  baik aktivitas warganya di bulan suci Ramadhan 1436 H tahun ini dengan membuka pusat kuliner pabukoan untuk mempermudah warga masyarakat di sekitarnya.  
“Pasa Pabukoan sudah menjadi tradisi warga Lubuk Basung setiap Ramadhan datang, untuk itu saya akan melakukan penataan para pedagang pabukoan yang ada di Kota Lubuk Basung sebaik mungkin,” kata Camat Lubuk Basung, Hilton SH kepada Tabloid Bijak, Jumat, 19 Juni 2015.
Menurut Hilton, pasa pabukoan sudah merupakan  tradisi yang tidak dapat dipisahkan dari warga setempat, karena selain menguntungkan, kegiatan ini juga sangat membantu segala pihak dalam mendapatkan pabukoan.
Hilton,juga menambahkan Pasa Pabukoan di depan Terminal Antokan (pasar lama) Lubuk Basung. Ini paling ramai dikunjungi warga. “Agar suasana aman dan tertib selama ramadhan, kit ta akan berkoordinasi dengan dinas terkait agar antara pukul 17.00 WIB  sampai pukul 19.00 WIB jalan dua jalur ini akan ditutup dan dari lokasi Pasa Pabukoan lalu lintas dialihkan ke dalam Terminal Antokan,” kata camat ini.
Di samping itu Pasa Pabukoan yang tergolong ramai terdapat di Balai Salasa Kampung Pinang, dan Simpang Gudang Manggopoh. Pasa Pabukoan dalam skala lebih kecil terdapat di setiap nagari yang ada di Kecamatan Lubuk Basung, kita juga akan upayakan pengamanan lalu lintas.
Menjawab Tabloid Bijak, Helton mengatakan para pedagang makanan dan minuman di pasar yang ada di kecamatan itu, boleh berjualan di siang hari pada bulan Ramadhan, asal dalam tempat terbuka.
“Kami tidak mengizinkan r warung kelambu. Bila masih ada yang membandel, akan berurusan dengan petugas keamanan,” ujar Hiton.
.
Pemimpin yang selalu mengedepankan kepentingan warganya ini mengingatkan selama bulan puasa agar tidak memasang mercon, meriam bambu, dan sejenisnya di kompleks perumahan, dan dekat rumah ibadah. Karena perbuatan itu bisa mengganggu ketenangan warga beribadah, dan ketenangan warga beristirahat pada malam hari. (Gnd)