Harisjon: Tamatan Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Pariaman Direkrut PT SEII Korea

BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)–Kepala Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Pariaman, Harisjon, mengatakan, tamatan SUPM tahun ini, direkrut untuk bekerja di luar negeri oleh PT. SEII, perusahaan penangkapan tuna long line di Jepang, sebanyak 29 orang dari 80 orang yang diminta.
Hal itu disampaikan Harisjon, pada acara wisuda SUPM Negeri Pariaman, angkatan ke 27, Kamis (11/6/2015) di hadapan para undangan orang tua wali murid dan Muspida Padang Pariaman. 
Dikatakan, selain itu ada juga permintaan dari PT. Marindo Jaya Abadi, perusahaan penangkapan ikan di Korea Selatan, sebanyak 8 orang dari 30 orang yang diminta. Kemudian ada lagi yang diterima bekerja pada PT. Paloma Sejati, perusahaan penangkapan cumi-cumi di Spanyol, Portugal dan Korea Selatan sebanyak 10 orang dari 100 orang yang diminta. Disamping  ada pula yang diterima pada PT.ILE Industri perusahaan perikanan di Korea Selatan sebanyak 22 orang dari 50 orang yang diminta. 
Lebih jauh disampaikan Harisjon, di dalam negeri, para lulusan SUPM direkrut PT. Gelantos, perusahaan penangkapan pull and line di Bitung, Sulawesi Utara, sebanyak 1 orang dari 5 orang yang diminta, pada CV. Putra Leo, perusahaan penangkapan ikan purse seine di Juwana, Jawa Tengah, sebanayak 1 orang dari 10 orang yang diminta. 
Kemudian ada lagi diterima PT. Mas Medan, sebagai teknisi marketing perusahaan pakan sebanyak 7 orang dari 10 orang yang diminta. Selain itu, diterima juga pada PT. CPP, sebagai teknisi marketing perusahaan pakan, sebanayak 5 orang dari 8 orang yang diminta, ada lagi diterima pada Balai Budidaya Ikan Teluk Buo, sebagai teknisi balai benih milik pemerintah daerah sebanyak 2 orang dari 3 orang yang diminta.
Pada sisi lain juga disampaikan Harisjon, meskipun para lulusan SUPM “laris manis” di dunia kerja, namun sebagian lulusan memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, mereka ada yang diterima di Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta sebanyak 6 orang, Polteknik Kelautan dan Perikanan (POltek KP) Sidoarjo sebanyak 4 orang. 
Disamping ada pula yang diterima pada Poltek KP Sorong sebanyak 1 orang, Unversitas Riau, 2 orang, Akademi Pelayaran dan Niaga Indonesia 1 orang dan Sekolah Tinggi Ilmu Maritim AMNI Semarang 1 orang. Sisanya3 orang berwarusaha di bidang budadaya pembesaran iakn kerapu pada keramba jarring apung serta pembesaran ikan nila dan ikan lele. 
Menurut Harisjon, dari 104 orang tamat tahun ini, hanya 93 orang yang bisa hadir ikut wisuda, dikarenakan 11 orang telah dipanggil oleh PT. SEII untuk bekerja di luar negeri.  Dijelaskan lagi, dari jumlah tersebut, terdiri dari Program Keahlian Nautika Perikanan Laut (NPL) sebanyak 35 orang, Teknika Perikanan Laut (TPL) sebanyak 19 orang serta Teknik Budidaya  Perikanan (TBP) 50 orang. 
“Mereka semua dinyatakan lulus 100%, lulusan terbaik Program Keahlian NPL daraih Ficky Ficram Chan dengan nilai 8,44 asal Kabupaten Pesisir Selatan, Program Keahlian TPL diraih David Aldi dengan nilai 8,21, asal Kota Padang dan Program Keahlian TBP diraih Nur Qomariah Baladrat dengan nilai 8,88 asal Jakarta. 
Disebutkan Harisjon, jumlah lulusan SUPM Negeri Pariaman, seluruhnya dari angkatan 1 hingga angkata 27 saat ini berjumlah sebanyak  1.959 orang, mereka telah tersebar di dalam dan luar negeri sebagai wirausaha, tenaga professional di perusahaan, pemerintahan, dan ada juga yang melanjutkan pendidikan ke perguruan yang lebh tinggi.  (amir)