Tiga SKPD Hanya Utus Stafnya untuk Hadiri Rapat Pansus II DPRD Padang

BIJAK ONLINE (PADANG)-Tiga SKPD Pemko Padang, Dinas Pertanian , Dinas Peternakan, Perkebunan  dan Kehutanan  sebagai mitra kerja DPRD Kota Padang hanya mengutus stafnya untuk  membahas LKPJ Walikota Padang, 2015,  pada rapat Pansus II DPRD Padang, Jumat, 7 Mei 2015 lalu.
“Saya minta kedepannya, jika kepala dinasnya berhalangan, seharusnya yang mewakili itu kabidnya dan bukan staf, ’’ ujar Ketua Pansus II LKPJ Walikota 2015 Elvi Amri.
Menurut Elvi Amri,  ketiga dinas yang hanya mengutus stafnya ini, ada kesan melecehkan lembaga DPRD Kota Padang. “Kami tahu ketiga dinas ini cukup luas cakupannya, apalagi  anggarannya pun cukup besar dan kenapa  tidak transparan untuk menyampaikan cakupan dan peningkatan kinerja,” kata politisi ini.
Kemudian, kata Alvi Amri, ketidak hadiran seluruh kadis dan kabid untuk mempertanggungjawabkan kinerja,  jelas membuat pembahasan LKPJ Walikota Padang 2015, kurang memadai, karena staf yang hadir tak akan mempu memberikan keterangan atau jawaban yang menyangkut kebijakan.
“Kami yang ada di Pansus II yang membahas  LKPJ Walikota 2015 belum dapat menerima beberapa laporan yang di paparkan oleh stafnya dan kami berharap kepada pimpinan eksekitif (walikota) memberikan suatu perkerjaan kepada orang-orang yang betul siap untuk berkerja termasuk SDMnya,” kata Alvi Amri.
Sebenarnya  anggota DPRD di Pansus II  membahas tentang Laporan kerja dan pertanggungjawaban(LKPJ )Walikota 2015 tujuannya untuk membahas dan shering seberapa jauh cakupan di beberapa  SKPD  yang ada lagi pula pertemuan ini  bukan  ber tujuannya untuk   memojokkan dan  mendiskriditkan mereka.
Tujuan pertemuan di rapat Pansus II LKPJ Walikota 2015 ini agar DPRD dan SKPD sebagai mitra kerja komisi II mencari celah   atau memecahkan persoalan yang ada, ‘’jika  SKPD  yang menjadi perpanjangan tangan walikota gagal, berarti Kami  dari Komisi II DPR  ikut  juga  gagal karena hal ini menyangkut pungsi kami di dewan sebagai pengawas,’’katanya.
Kabid perternakan dan kehewanan Elpison dari Dinas Perternakhutbud  Kota Padang usai dengar pendapat dengan Pansus II LKPJ walikota 2015 mengatakan,  Kepada Dinas Perternakhutbud Kota Padang karena  sedang mengikuti perjalanan dinas walikota ke luar daerah. “Pada rapat berikutnya, in syaa Allh,  akan  berusaha  melengkapi  jajaran yang berkompoten,” katanya.
Elpison juga menambahkan, Dinas Perternahhutbud  mempunyai tugas pokok melaksanakan kewenanagan untuk meningkatkan ketahanan pangan dalan lain dan minta dimaklumi  Anggota Pansus II DPRD Kota tidak mendapat masukan dari bebrapa  kepala bidang(Kabid ) yang ada di dinasnya.  ‘’Saya yakin untuk rapat berikutnya kepala dinas pertanian, perternakan , perkebunan dan kehutanan Kota  Padang  seluruh kabidnya akan menghadiri rapat dengan Pansus II tentang LKPJ Walikota Padang 2015,’’pungkasnya .                                   ( yos )

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *