30 Wartawan di Kabupaten Solok Akan Mengikuti UKW

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Sebanyak 30 orang wartawan yang meliput di Kabupaten Solok, sekitar pertengahan bulan Mei 2015 mendatang, akan mendapatkan kesempatan emas untuk mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW), sebagai syarat untuk seorang jurnalis profesional dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistiknya.
Menurut Kabag Humas Kabupaten Solok, Drs. Syahrial, MM, saat ini di Kabupaten Solok wartawan yang baru lulus UKW hanya sebanyak 6 orang, dari sekitar 80 wartawan yang ada. “Untuk itu, Pemkab Solok sengaja menganggarkan dana sebesar Rp 100 juta melalui bagian Humas, gunanya untuk para pelatihan wartawan agar bisa mengikuti UKW tersebut, yang akan dilaksanakan bekerjasama dengan PWI Kabupaten Solok,” tutur Syahrial, Selasa (14/4). 
Syahrial yang didampingi Kasubag Pemberitaan, Syofiar Syam, menyampaikan, sesuai hasil kunjungan Humas dan Wartawan ke Dewan Pers di Jakarta awal Maret 2015 lalu, UKW menjadi standar bagi jurnalis untuk bisa dinyatakan berkopenten. “Kalau wartawan yang sudah lulus UKW, berarti mereka sudah bisa dinyatakan berkopenten, karena tim pengujinya adalah orang-orang profesional dibidangnya, seperti wartawan senior, Dewan Pers dan juga dari PWI,” tutur Syahrial. Malah nantinya, sesuai hasil kunjungan ke Dewan Pers, bagi wartawan yang tidak memiliki kartu UKW, nara sumber berhak menolak wartawan tersebut untuk wawancara.
Berikut adalah 6 orang wartawan Kabupaten Solok yang sudah dinyatakan lulus UKW antara lain, Taufik Effendi (Singgalang), Riswan Jaya (Harian Metro Andalas), Rusmel Dt Sati (Singgalang), Wandy (Harian Koran Padang), Eli dan Yosrizal (Sumut 24) (joko/wandy)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *