Asisten II Pemko Pariaman Resmikan Pukesmas Satun Lansia

BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)–Walikota Pariaman yang diwakili oleh Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Sukardi meresmikan Puskesmas Santun Lansia, Puskesmas Poned, Puskesmas KTA/KTP, serta Penyerahan Kunci Poskesdes Punggung Lading,  selepas acara Senam Lansia di Puskesmas Kuraitaji, Sabtu pagi (28/03/2015).

Acara yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Yutriadi Rivai, Camat selatan Basri Malik, Sekretaris Dinas Kesehatan Bakhtiar, Kabid Kesra Eva Yulia Delwita, Kepala Desa Punggung Lading Ilham Sholeh beserta para petugas kesehatan di Puskesmas Kuraitaji dan puluhan Kader Lansia se-Kecamatan Pariaman Selatan.

Dalam sambutannya Asisten II Sukardi menyampaikan berdasarkan data dari Kementrian Kesehatan RI, umur harapan hidup masyarakat Indonesia pada tahun 2004 berada pada kisaran 66,2 tahun dan pada tahun 2014 mengalami peningkatan mencapai usia 72 tahun.

Hal ini menunjukan adanya keberhasilan dari pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan nasional, dan juga sejalan dengan kebijakan internasional yaitu mewujudkan lanjut usia yang tetap sehat, mandiri dan produktif yang dikenal dengan Active Ageing, ucapnya.

“ Pemko Pariaman memberikan apresiasi kepada Puskesmas Kuraitaji yang telah memberikan pelayanan dasar kesehatan bagi para lanjut usia dengan program Puskesmas Santun Lansia, dan juga pelayanan yang bermutu terhadap ibu hamil dan anak dengan membentuk Puskesmas Poned serta Puskesmas mampu tata laksana Kekerasan Terhadap Anak (KTA)/Kekerasan Terhadap Perempuan (KTP) ” , tukas Sukardi.

Kadis Kesehatan Kota Pariaman Yutriadi Rivai mengatakan bahwa untuk tahun 2015 ini Walikota Pariaman telah menginstruksikan untuk memperhatikan para lansia yang ada di Kota Pariman dengan membuat kebijakan program-program Lansia yang didukung oleh APBD, sehingga Dinas Kesehatan mempunyai anggaran untuk menyenangkan para Lansia yang ada di Kota Pariaman.ungkapnya. Yutriadi Rivai juga mengatakan bahwa Puskesmas Kuraitaji adalah wakil dari Kota Pariaman untuk mengikuti Puskesmas Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat. (amir)