Walikota Padang Serahkan Bantuan 10 Unit Kapal Kepada Nelayan

BIJAK ONLINE (Padang)-Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), memberikan bantuan beberapa unit kapal bagi para nelayan di masing-masing Kelompok Usaha Bersama KUB nelayan yang ada di Kota Padang. Penyerahan bantuan tersebut, diserahkan langsung Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah bersama Ketua DPRD Kota Padang, Erisman, Kepala DKP Padang, Zalbadri, Camat Koto Tangah, Yalmasril beserta Unsur Muspika Koto Tangah di Muaro Anai, Kelurahan Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah pada Selasa (30/12).
 Bantuan tersebut berupa kapal Pursen dan kapal fiber dengan jumlah 10 unit. Dimana, dalam momen tersebut, ditandai dengan pemecahan kendi oleh walikota dan dilanjutkan berlayar keliling pantai.

Mahyeldi mengatakan, berdasarkan rencana, pada 2015 nanti Pemko Padang akan terus memanfaatkan lahan dengan luas tanah sebesar 8 hektar di kawasan Dermaga Muaro Anai ini. Ia pun juga berencana, akan mendirikan pabrik kapal dan transportasi laut menuju Kota Padang.

“Jadi, dengan bantuan kapal pada hari ini, Pemko Padang sangat mengharapkan para nelayan agar bisa lebih luas jangkauannya. Kemudian, semakin bertambah pendapatannya,” tutur Walikota.

Walikota melanjutkan, sebenarnya Pemko sudah merencakan pada 2013 lalu dengan setiap kelompok nelayan akan diberikan satu unit kapal. Namun, pada kesempatan ini bersyukur mampu mewujudkannya. Sehingga, para nelayan menjadi semangat untuk melaut mencari ikan. Di samping itu, ada salah satu permasalahan, seperti adanya permohonan dari nelayan yang belum memiliki izin kapalnya juga dapat secepatnya diselesaikan dengan dibantu DKP Padang.

“Agar lebih maju lagi dermaga ini, kita juga merencanakan menghidupkan transportasi laut dari Muaro Anai ke arah pesisir kota. Upaya ini tentu akan menjadi aset transportasi laut bagi Kota Padang ke depan. Seperti, ada orang yang memilih transportasi laut dari BIM ke pusat kota bisa menempuh jalur ini. Tidak hanya itu, bagi wisatawan yang mau berekreasi juga bisa bersama kapal-kapal di sini. Dimana, Kota Padang memiiki 19 pulau yang menarik dikunjungi,” imbuhnya.

Setelah itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang, Zalbadri juga mengatakan, saat ini DKP Padang telah memberikan bantuan beberapa unit kapal untuk nelayan di Muaro Anai. Diantaranya, satu kapal pursen dengan berat 27 Gross Ton (GT). Kemudian, ada kapal fiber dengan ketahanannya, serta kondisinya tenang di saat ada gelombang.

“Bantuan tersebut, dari dana APBN sebanyak Rp 600 Juta dan APBD Kota Padang RP2,2 Milyar dengan total dana sebanyak Rp 2,8 Milyar. Upaya ini telah kita rencanakan pada tahun yang lalu dan alhamdulillah mampu terealisasi pada tahun 2014 ini. Untuk selanjutnya, DKP Padang akan terus melanjutkan program penambahan kapal-kapal fiber dan kapal pursen. Oleh karena itu, diharapkan kepada para nelayan untuk merawat kapal tersebut dengan baik. Sehingga, mampu menambah penghasilannya ke depan,” imbuh Zalbadri mengakhiri. (david/tim humas)

Teks Foto : Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah sedang berbincang-bincang dengan Ketua DPRD Kota Padang, Erisman dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang, Zalbadri sewaktu test drive kapal bantuan mengelilingi beberapa pulau di Pesisir Pantai Muaro Anai.
Suka · · Bagikan