Wako dan Warga Kota Padang Bersepeda Ria di Malam Pergantian Tahun

BIJAK ONLINE (Padang)-Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan menyambut tahun baru memang agak sedikit berbeda dari daerah lain. Buktinya, kalau di daerah lain cenderung diisi dengan konser musik, tapi di Kota Padang justru dirayakan dengan kegiatan bersepeda ria oleh berbagai instansi Pemerintah Kota (Pemko) Padang dan masyarakat umum.
“Ya, nanti malam sebanyak 1000-an penggemar sepeda di Kota Padang akan melakukan longmarch mengelilingi Kota Padang. Insya Allah, kegiatan tersebut akan dilepas langsung bapak Walikota Padang di GOR H Agus Salim Padang mulai pukul 20.00 WIB,” ungkap Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Padang, Azwin SH, MH kepada www.sumbarzone.com, di ruang kerjanya, Rabu (31/12/2014).
Menurut Azwin, kegiatan bersepeda santai tersebut sengaja dipilih Pemko Padang sebagai salah satu bentuk kegiatan menyambut tahun baru guna memberikan pendidikan positif kepada masyarakat. Sebab, selama ini kegiatan penyambutan pergantian tahun di mana-mana sering dihiasi dengan kegiatan yang sifatnya hanya hura-hura belaka.
“Dengan kegiatan bersepeda ria ini kita sekaligus ingin mendidik generasi muda kita bahwa masih banyak cara-cara yang positif yang bisa dilakukan dalam rangka menyambut momentum pergantian tahun baru tersebut. Setidaknya, melalui kegiatan seperti ini bisa mencegah terjadinya aksi tawuran yang sering muncul saat adanya pentas musik,” tuturnya menjelaskan.
Ditambahkannya, meski dimeriahkan dengan kegiatan bersepeda santai, Pemko Padang tetap menyediakan pentas musik di pelataran parkir GOR H Agus Salim Padang yang dihibur oleh artis-artis top minang. Tujuannya, agar perhatian masyaraka tidak terpusat ke pantai Padang yang selalu menjadi tujuan favorit setiap peringatan tahun baru. (bom/noa)