Muslim Kasim Minta Ninik Mamak Lubuk Alung Menimang-nimang Cabup Pariaman

BIJAK ONLINE (Padang)-Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Mingangkabau (LKAAM) Kabupaten Padang Pariaman, Muslim Kasim meminta kepada ninik mamak Nagari Lubuk Alung untuk sedari sekarang telah mulai mematuik-matuik dan menimang-nimang bakal calon bupati.


“Ketua KAN dan para ninik mamak, sudah saatnya sejak sekarang menimang-nimang bakal calon bupati, atau mempersiapkan “Ayam Jago” yang akan “diadu” pada pilgub mendatang,” kata Muslim Kasim ketika memberikan kata sambutan pada acara penyambutan tahun baru di Koto Buruak, Nagari Lubuk Alung, Kabuypaten Padang Pariaman.

Menurut Muslim Kasim, sebagai Ketua LKAAM Padang Pariaman, dirinya akan membantu ninik mamak dalam memberikan pemikiran atau sumbang saran dalam mempersiapkan bakal calon bupati periode mendatang. “Kalau dapat, calon Bupati Pariaman mendatang itu, tak hanya pintar dan cerdas, tetapi juga harus taat dan tahu jo adat,” katanya.

Calon bupati, kata Muslim Kasim,  harus tahu dan mengerti  adat, Soalnya adat Minang membentuk pribadi atau individu yang berbudi pekerti yang luhur, manusia yang berbudaya, dan manusia yang beradab.” Dari manusia yang beradab tersebut, diharapkan akan melahirka suatu masyarakat yang aman dan damai, sehingga kemungkinan suatu kehidupan yang sejahterah dan bahagia, dunia dan akhirat,” katanya. (PRB)