Raker Baznas Padang, Optimis Menatap Program Kerja Padang 2015

BIJAK ONLINE (PADANG)–Menyongsong tahun baru 2015, juga dengan suasana kepengurusan yang baru, Badan Amil Zakat Nasional (Basnas) Kota Padang bertekat untuk mampu mencapai seluruh target program unggulannya. Hal itu dinyatakan seluruh pengurus Baznas yang tertuang di dalam Rapat Kerja (Raker) Baznas Padang yang dilaksanakan selama tiga hari, dari pembukaan Jumat (26/12) hingga penutupan Minggu (28/12). Dimana dalam penutupan Raker, dihadiri langsung Wakil Walikota, H Emzalmi. 
Sewaktu menutup Raker, Wawako Emzalmi menyampaikan, atas nama Pemko Padang sangat mengapresiasi kinerja dari pengurus Baznas yang mampu berkoordinasi dan bersinergi dengan baik sejauh ini. Baik terhadap program Pemko, juga dalam menyelesaikan program Baznas terkait penanggulangan kemiskinan melalui penyaluran zakat. 
“Kita semua tentu berharap sekali Baznas Kota Padang semakin sukses lagi ke depannya. Jadi, melalui Raker kali ini, kita semua sangat berharap semua target yang direncanakan Baznas akan menuai hasil yang diharapkan. Karena ini merupakan salah satu upaya dalam menanggulangi kemiskinan di Kota Padang,” terang Wawako.
Sementara itu, Ketua Baznas Kota Padang, Epi Santoso menyebutkan, pada Raker kali ini, bertujuan untuk menyusun rencana sistim kerja yang lebih matang menyongsong tahun baru 2015. Dimana, Raker tersebut untuk mengevaluasi program dari kepengurusan yang lama. Dengan pemateri menghadirkan Kemenag Kota Padang, Rumah Zakat Indonesia dan PKPU Sumbar dengan membahas lima materi pokok yang  disertai rapat komisi.
“Hasil Raker diantaranya kita mengevaluasi 6 program unggulan Baznas yang lama yakni, Program Padang Religius, Padang Sejahtera, Padang Sehat, Padang Cerdas, Padang Makmur dan Padang Peduli. Apakah program tersebut masih up date atau perlu diperbaharui. Kemudian setelah itu, kita juga mencoba membuat target baru yang selama ini pengumpulan zakat hanya dari PNS, pada 2015, menargetkan adanya penambahan yang bersumber dari zakat infak dan sedekah yang diperkirakan sebanyak Rp 6 Milyar. Jadi, di luar PNS kita menargetkan sebanyak Rp 6 Milyar, sedangkan bagi PNS Rp 19 milyar sehingga total keseluruhan pada 2015 sebanyak Rp 25 Milyar,” jelas Epi Santoso.
Epi melanjutkan, pada 2015 Baznas Padang juga sepakat akan membentuk 50 UPZ baru di 50 mesjid percontohan di Kota padang.  Kemudian, juga diteruskan proses mengevaluasi program yang berjalan dengan merobah persentase. Dimana, ada beberapa program yang akan ditambah seperti Zakat Komuniti Developmen untuk satu kampung percontohan perihal penanganan kemiskinan. Lalu ada ambulan gratis untuk pengobatan keliling, program bina usaha produktif kepada 200 calon pengusaha juga akan dilakukan.
“Alhamdulillah Raker yang kita laksanakan ini berjalan sukses. Maka dari itu, Baznas Padang menaruh optimis untuk mampu mengejar target yang direncanakan pada 2015 mendatang. Semoga saja harapan kita ini juga selalu diiringi keikhlasan dalam bekerja,” imbuhnya mengakhiri. (david)
.
Teks Foto : Ketua Baznas, Epi Santoso bersama segenap pengurus Baznas Kota Padang foto bersama Wawako Emzalmi.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *