Wagub Sumbar Muslim Kasim Kibarkan Bendera Star Fun Bike HUT TNI ke- 69

Muslim Kasim

BIJAK ONLINE-Wakil Gubernur Sumatera Barat, H Muslim Kasim mengibarkan bendera star tanda dimulainya Fun Bike HUT TNI ke-69, yang diikuti sekitar 23 ribu peserta dari berbagai elemen masyarakat,   di GOR  H Agus Salim Padang, Minggu. 29 September, 2014.
Kegiatan yang sama juga dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia. Di Sumbar sendiri, selain dilaksanakan di Kota Padang, juga dilaksanakan kegiatan serupa di masing-masing Kodim di daerah.
Setelah dilepas secara resmi oleh Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim, peserta Fun Bike ini kemudian bergerak menuju rute yang telah disiapkan panitia penyelenggara. Start dimulai di jalan depan gedung Rohana Kudus yang mengarah ke Jalan Raden Saleh, Khatib Sulaiman, Lapai, Gunung Pangilun, jalan Mangunsarkoro, jendrela Sudirman, Sawahan, Tugu Simpang Haru, Ganting, Pondok, Batang Arau, Samudera, S Parman, Gedung DPRD Sumbar, Khatib Sulaiman dan kembali ke GOR H Agus Salim.
Untuk peserta yunior, pelajar ataupun senior rutenya berbeda. Untuk Yunior setelah mengikuti hingga jalan Mangunsarkoro, mereka kemudian langsung mengarah ke GOR H Agus Salim. Untuk pelajar, setelah sampai di jalan S Parman langsung diarahkan menuju GOR. Sedangkan untuk senior mengikuti rute yang telah disiapkan tersebut.
“Untuk peserta sendiri di Sumbar yang mengikuti Fun Bike ini diperkirakan lebih dari 30 ribu peserta. Peserta yang mendaftar mengikuti Fun Bike yang digelar di GOR H Agus Salim mencapai 22.613 orang , pada masing-masing Kodim yang ada di daerah, juga daiadakan kegiatan serupa,” Sebut Komandan Pangkalan Utama TNI – AL II (Danlantamal II) Laksamana Pertama TNI I Nyoman Nesa, di sela-sela pembagian kegiatan Fun Bike.
Menurutnya, pada perayaan HUT TNI ke 69 di Sumbar tidak hanya disemarakan dengan kegiatan Fun Bike. Sebelumnya, dibidang kesehatan juga telah diadakan donor darah. Untuk lingkungan hidup diadakan kegiatan menggalakan pembuatan bio pori. “ Kalau Fun bike ini, kegiatan peringatan HUT TNI dibidang olahraga,” ujarnya.
Di Sumbar sendiri bersepeda telah menjadi icon tersendiri, sebab beberapa tahun terakhir ini telah mengadakan iven balap sepeda tahunan bertaraf internasional yang dikenal dengan Tour De Singkarak (TDS) . Namun untuk pesertanya sendiri masih didominasi mereka yang berasal dari Negara luar saja. “Kedepannya dengan diadakan fun bike ini, tentunya dapat memicu lahirnya atlit balap sepeda dari sumbar,” ungkapnya.
Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim menyatakan hal yang sama terkait keinginannya agar melalui kegiatan Fun Bike ini bisa lahirnya atlit berprestasi pada dunia balap sepeda di Sumbar. “Kita telah miliki icon TDS, tentu melalui Fun Bike ini sebagai langkah untuk melahirkan atlet Sumbar yang bisa bersaing di tingkat nasional dan internasional,” ungkapnya.
Selain itu menjaga kesehatan tubuh masyarakat, kegiatan fun bike ini juga sebagai ajang silaturrahmi masyarakat dalam berbagai keragaman tempat tinggal, pendidikan, kerja dan umur, sehingga ini tentu akan mampu memperetar persatuan dan kesatuan bangsa, jelasnya. (rel)